Kelapa Gading > Usaha

Urus Izin di Kelapa Gading Cukup Sehari

Senin, 19 Juni 2017 15:45 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Muhammad Azzam

PSTP Kecamatan Kelapa Gading
PSTP Kecamatan Kelapa Gading
Foto : Muhammad Azzam

Share this








Dalam mengurus perizinan di Kelapa Gading, Jakarta Utara semakin mudah dengan durasi waktu cukup sehari di PTSP Kecamatan.

KELAPA GADING – Pengurusan izin di Kelapa Gading, Jakarta Utara tidak serumit beberapa tahun sebelumnya. Sebab, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kecamatan Kelapa Gading menggunakan motto One Day Service, Zero Complaint, Zero Delay dan Service Excellent untuk melayani masyarakat.

“PTSP diterapkan benar-benar satu pintu, berkas-berkas diproses benar-benar di dalam PTSP itu sendiri, tidak perlu dilempar dulu ke dinas terkait,"tutur Kepala PTSP Kecamatan Kelapa Gading Budi Santoso kepada infonitas.com (19/6/17).

Budi memberikan contoh, saat akan mendirikan restoran. Dahulu, harus mengurus setidaknya lima perizinan, seperti Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang harus diperoleh dari Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan. Lalu, Izin Pariwisata yang dikeluarkan oleh Dinas Pariwisata. Surat Izin Gangguan (biasa disebut Undang-undang Gangguan atau Hinderordonnantie/HO) mengacu pada UU no 28/2009 tentang Pajak dan Retribusi Daerah.

Kemudian jika memakai generator pembangkit listrik, ada izin genset. Belum lagi harus menghubungi Dinas Tata Kota untuk mengurus Izin Mendirikan Bangunan.

"Kini, Anda hanya perlu datang ke kantor PTSP, semua izin itu jadi dalam satu hari, pembayarannya pun langsung melalui bank jadi terhindar dari pungli dan calo, ” tutupnya.