Kelapa Gading > Profil

Keluarga Tak Mampu dan Dim Sum Selimuti Freddy Wong

Selasa, 14 November 2017 16:04 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : R Maulana Yusuf

Freddy Wong, spesialis chef dim sum di May Star Restaurant
Freddy Wong, spesialis chef dim sum di May Star Restaurant
Foto : R Maulana Yusuf

Share this








Freddy Wong, salah satu chef May Star Restaurant berangkat dari keluarga tak mampu, akhirnya terjun menjadi koki spesialis dim sum.

KELAPA GADING - Menjadi chef bukan cita-cita Freddy wong. Koki spesialis Dimsum di May Star Restaurant ini berasal dari keluarga kurang mampu. Bakat memasak sejak kecil, membuatnya mulai berkecimpung di dunia kitchen dari usia 13 tahun.

Berkat kerja kerasnya, Freddy pada usia 18 tahun memilih hijrah ke Singapura dari kampung halamannya, Malaysia. Di Negeri Singa itu, ia bertemu dengan chef master Dimsum, bernama Chi Man.

"Shifu Chi Man asal Hongkong yang mengajarkan saya membuat dimsum selama 6 tahun di Singapura,"ungkapnya pria yang saat kecil bercita-cita menjadi dokter saat berbincang dengan infonitas.com pada pekan lalu.

Tak hanya di Malaysia dan Singapura, Freddy kembali menimba pengalaman di Dubai dan India. Puas mengasah kemampuan di negara Timur Tengah, ia pun berlabuh ke Indonesia tepatnya di May Star Restaurant.

Sebagai seorang koki dim sum, ia mengakui mengolah makanan khas Korea itu lebih sulit ketimbang membuat masakan lainnya. Meskipun, kebanyakan orang beranggapan membuat dim sum sangat mudan, lantaran ukurannya yang cenderung kecil. Nanum, pandangan seperti itu salah. 

"Membuat dim sum memiliki tantangannya sendiri karena selain harus membuat masakan yang enak kita harus mampu menyajikannya secara cantik,"ujarnya.

Menjadi seorang chef spesialis tak lantas membuatnya besar kepala. Ia selalu mengingat jasa shifu-nya, yakni menyempatkan diri setiap 1-2 bulan sekali ke Singapura untuk bertemu.

"Shifu mengajarkan saya semuanya sehingga saya harus hormat, karena kalau tidak ada shifu mana mungkin saya bisa jadi seperti ini,"pungkas pria kelahiran 34 tahun lalu ini.