Kelapa Gading > Profil

Jaga Kesehatan Warga, 3 RW di Koja Dibuatkan WC Komunal

Rabu, 17 Mei 2017 17:01 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Adi Wijaya

Lurah Koja, Maskur
Lurah Koja, Maskur
Foto : Adi Wijaya

Share this








Pembuatan WC Komunal atau tangki septik bersama di tiga RW Kelurah Koja bertujuan untuk menjaga kesehatan warga setempat.

KOJA – Minimnya tangki septik (Septic tank) di perumahan warga Kelurahan Koja, Jakarta Utara akan dibuatkan WC komunal. Pembuatan tangki septik bersama tersebut bertujuan untuk menjaga kesehatan warga setempat.

Lurah Koja Maskur menjelaskan, program WC Komunal telah mendapatkan dukungan dari Suku Dinas Kesehatan dan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara. Sejumlah warga tak memiliki septi tank di  d antaranya, RW 05, 03, dan 01.

"Jadi nanti seluruh aliran limbah air warga akan melewati WC Komunal itu," kata Maskur saat ditemui di Kantor Kelurahan Koja, Jalan Sindang Raya, Koja, Jakarta Utara, Rabu (17/5/2017).

Menurut Maskur, pihaknya kesulitan lahan unuk dibangun tangki septik betsama tersebut di kawasan pemukiman padat penduduk. Namun, dia berinisiatif akan menggunakan ruang dibawah jalan untuk dipergunakan WC Komunal.

"Namun, sayangnya kami belum mendapatkan konfirmasi dari Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara. Sebab, penggunaan ruang dibawah jalan merupakan kewenangannya," paparnya.

Lebih jauh, dia juga menambahkan, akan melakukan penertiban pada sejumlah WC gantung atau 'helikopter', yang berada di sisi Kali Sunter, di RW 01. Keberadaan 'Helikopter' itu diklaimnya menjadi penyebab meningkatnya jumlah penderita Tuberkulosis (TBC).

"Helikopter itu akan kita bongkar dalam waktu dekat. Mereka tak boleh lagi langsung membuang air besar ke kali," tutupnya.

Baca juga : Stadion Futsal Standar Internasional Dibuka di Pantai Mutiara Pluit