Kelapa Gading > Profil

Cerita Evani, Peracik Kopi Presiden Jokowi

Selasa, 28 November 2017 12:10 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : R Maulana Yusuf

Evani Jesslyn, peracik kopi Presiden Jokowi
Evani Jesslyn, peracik kopi Presiden Jokowi
Foto : R Maulana Yusuf

Share this








Pengakuan petani kopi yang mengirim hasil panen berkualitas ke luar negeri, membuat Evani bergelut bisnis kopi. Begitu cerita peracik kopi Presiden Jokowi.

TANJUNG PRIOK – Evani Jesslyn, wanita beruntung yang berkesempatan menjadi barista Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Hari Kopi Internasional, 1 Oktober 2017 di Istana Bogor, Jawa Barat. Berkat racikan kopi yang ia hidangkan ke mantan Gubernur DKI Jakarta itu, nama Evani melejit di berbagai media massa, baik digital, cetak maupun elektronik.

Pada Senin (27/11/2017) tim infonitas.com bertandang ke coffee shop milik Evani, First Crack Coffee Academy di kawasan Sunter, Jakarta Utara. Dalam kesempatan tersebut, wanita kelahiran 16 Agustus 1990 menceritakan awal mula ia bisa jatuh cinta dengan kopi.

Evani mengaku awalnya tidak menyukai segala sesuatu minuman yang berbahan dasar kopi. Karena, saat meminum bisa membuatnya sakit lambung, keringatan, dan  jantung berdetak lebih  kencang. Semuanya berubah saat ia bekerja sebagai auditor di San jose, California, Amerika Serikat. Di Negeri Paman Sam, ia  merasakan kopi asal Indonesia yang rasanya enak dan tidak memberikan efek apa-apa.

"Saat kembali ke Semarang minum kopi lagi, tapi rasanya beda efeknya ada lagi dan rasanya tidak enak, makanya saya coba medalami,"ungkapnya.

Sejak saat itu, wanita lulusan University California (UC) Berkeley jurusan bisnis ini pergi ke Takengon, Aceh, daerah penghasil kopi gayo dan sekitar Danau Toba, Sumatera Utara. Ia menemui petani-petani kopi dan menanyakan kesulitan yang ia alami untuk menemukan kopi enak. Jawaban para petani itu cukup mengejutkan Evani, yakni biji-biji kopi berkualitas bagus lebih banyak di ekspor ke luar negeri.

”Pantas saja saya susah cari kopi enak di negeri sendiri. Dari situ punya keinginan dan kepikiran kalau begitu terus bagaimana orang Indonesia bisa cinta produk Indonesia kalau yang diberikan lokalan kurang bagus, Jadi saya bertekad mencari kopi dari nusantara Sabang sampai Merauke yang kualitas terbaik dan diolah sendiri semua.”jelas pemilik Strada Coffee Semarang ini.

Tak mau setengah hati menekuninya, Evani mengambil sertifikasi uji cita rasa kopi Q-Grader dari Specialty Coffee Association of America (SCAA) dan  coffee Diploma dari Specialty Coffee Association of Europe (SCAE).