Selasa, 13 Februari 2018 10:55:00
Editor : Porwanto | Reporter : R Maulana Yusuf
Abdul Muin, Meningkatkan Jumlah Partisipasi Pemilih
Ketua KPU Kota Jakarta Utara, Abdul Muin.
Foto : Muhammad Azzam
 

TANJUNG PRIOK - Abdul Muin tertarik dengan sistem Pemilihan Umum (Pemilu) di Indonesia sejak masa kuliah. Pada 2007, pria asal Tegal Jawa Tengah ini menjadi salah satu anggota Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK) di Kecamatan Penjaringan. Saat itu sedang dihelat  Pilkada DKI Jakarta.

Tidak puas sampai disitu, pria lulusan Magister Manajemen Pendidikan Universitas Islam 45 (Unisma) Bekasi ini berhasil menjadi anggota Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Administrasi Jakarta Utara pada 2008. Berkat kinerjanya, mulai 2013, dia terpilih sebagai Ketua KPU Jakarta Utara. Dia terpilih berdasarkan kesepakatan bersama dalam sidang pleno lima komisioner KPU JakartaUtara.

"Saya seorang aktivis organisasi yang juga tertarik dengan sistem kepemiluan, secara teknis saya ingin mempelajarinya dan sebisa mungkin memperbaiki teknis yang dianggap kurang efesien," ungkapnya kepada infonitas.com, Selasa (13/2/2018).

Selama hampir 5 tahun menjabat sebagai ketua di kantor yang berlokasi di Jalan Danau Sunter Barat, Kelurahan Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara ini, dia terus bertekad memperbaiki jumlah partisipasi pemilih dalam pemilu. Dia juga bertekad memperbaiki pesta demokrasi menjadi lebih transparan dan adil.

Banyak pengalaman yang dia peroleh dalam mengahadapi berbagai persoalan, baik dari internal maupun eksternal. Terutama, perbaikan data pemilih sehingga menjadi valid dalam penyempurnaan data.

"Kalau di Jakarta untuk sempurna itu tidak mungkin tetapi bagaimana mendekati sempurna dengan upaya kita seperti modifikasi-modifikasi yang akan kami lakukan," pungkasnya.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda