Selasa, 06 November 2018 16:39:00
Editor : Wahyu AH | Reporter : R Maulana Yusuf
Orang Tua yang Harus Pahami Si Kecil
Komunitas Kumpul Mama.
Foto : R Maulana Yusuf
 
KELAPA GADING - Ada kalanya anak menjadi rewel. Sering menangis, menjerit, bahkan sampai mengamuk hanya karena meminta sesuatu. Ada kalanya pula orang tua hilang kesabaran. Terpancing emosi sampai bersikap kasar yang melukai fisik maupun mental si buah hati.
 
Itu lazim terjadi.Bagaimanapun kondisinya, menurut Deasy Anggraini, pengurus Komunitas Kumpul Mama, orang tua harus bisa bersabar. Sebab, tanpa sadar perilaku orang tualah yang membentuk karakter si kecil. Bila mudah marah dan rewel lazimnya orang tuanya juga gampak marah dan bereaksi berlebihan terhadap perilaku anak-anaknya.
 
"Menghadapi anak yang rewel intinya harus sabar, dan orangtua harus kenal kenapa anaknya rewel,"
 
Seharusnya, orangtua juga tidak melabeli anaknya dengan sebutan rewel. Justru, orang tualah yang harus bisa mengerti kemauan anaknya seperti apa. Apalagi jika anak yang belum bisa berbicara atau berbicaranya belum lancar maka tugas orang tua yang harus mengerti anak. 
 
"Jadi kita harus kenal dulu si anak kebutuhannya apa, dibanding langsung memarahi dia, saat bayi belum bisa ngomong pun itu tugas kita yang harus mengerti" ucapnya.
 
Saat anak sedang rewel, orangtua seharusnya mengajak bicara anak dengan cara yang benar. "Caranya ngomong harus sejajar sama dia, matanya pun harus sejajar jangan dari atas kebawah namanya otoriter jadi kita harus selevel dengan anak. Kita ajak ngobrol dan tanyakan kemauannya apa, kalau anak belum bisa ngomong kan bisa geleng, bisa kita tawarkan mau tidur, mau minum mau apa," katanya.
 
"Jadi kalau anak rewel itu tugas kita sebenarnya, bukan anaknya harus ngertiin kita, kita yang harus ngertiin dia dulu," tuturnya.
 
Tema-tema semacam itulah yang kerap menjadi perbincangan atau ajang sharing para anggota Komunitas Kumpul Mama. Anggota rutin menggelar pertemuan setiap satu kali dalam satu bulan.  "Tujuan awalnya untuk produktif, biar sesama mama punya support sistem, ketemu dengan orang senasib, selaras, kita bisa nguatin lagi saat ketemu. Masalah kita kadang sama dengan yang lain. Kita semakin belajar cara mendididik anak, semuanya buat anak, dari kumpul segala sesuatu positif," tandasnya.
 
Jadwal kegiatan Komunitas Kumpul Mama dapat dilihat di Instagram @kumpulmama dan jika tertarik bisa langsung add line yang tertera .

Baca Juga

Berikan Komentar Anda