Kelapa Gading > Pendidikan

Membandingkan Jam Sekolah di Indonesia dan Negara Maju

Senin, 17 Juli 2017 20:45 WIB
Editor : Ivan | Sumber : DBS

Suasana jam istirahat di salah satu sekolah dasar di Kelapa Gading
Foto : istimewa

Share this








Terkait wacana sistem full day school yang digagas Mendikbud Muhadjir, apakah bisa menghasilkan kualitas peserta didik seperti di negara maju?

KELAPA GADING – Dari kemarin sampai hari ini, wacana sistem sekolah sehari penuh atau full day school masih jadi perbincangan. Baik itu di kalangan dunia pendidikan maupun masyarakat Indonesia pada umumnya.

Sebagian kalangan mendukung, sebagian lainnya justru kontra terhadap wacana ini. Maka agar tidak larut dalam perdebatan tersebut, lebih baik kita melihat dan mempelajari sistem serta jam pendidikan di negara maju. Ini penting sebab dengan sistem yang berjalan saat ini, mereka mampu menghasilkan output yang memuaskan dan bermanfaat bagi perkembangan negara tersebut.

Mengutip Merdeka.com, negara-negara maju di seluruh dunia tak menerapkan sistem full day school. Jam belajar di tiga negara, baik Amerika Serikat (AS), Jepang, maupun Inggris, hanya berlangsung selama tujuh jam. Bahkan, sekolah juga tidak berlangsung selama setahun penuh.

Di Amerika Serikat misalnya, sekolah digelar selama sembilan bulan, mulai dari September dan berakhir bulan Mei atau Juni. Masing-masing dibagi menjadi caturwulan atau semester, di mana waktu sekolah disesuaikan dengan musim di negeri itu.

Khusus SD, sekolah biasanya akan dimulai sejak pukul 08.30, dan berakhir antara pukul 15.00 atau 15.30 waktu setempat. Sedangkan sekolah menengah dimulai dari pukul 07.30 dan selesai antara pukul 14.00 atau 14.30 waktu setempat.

Masing-masing jam dibagi dalam enam jam belajar, atau kelas yang berlangsung sebanyak empat kali di mana masing-masing memakan waktu selama 90 menit. Sementara, kegiatan ekstrakurikuler dilakukan setelah jam belajar selesai.

Kebijakan serupa juga dilakukan sekolah dasar di Inggris, di mana jam sekolah dimulai antara pukul 08.45 atau 08.55 dan selesai antara pukul 15.30 atau 15.40 waktu setempat. Sama halnya dengan AS, sekolah dimulai sejak minggu pertama September dan berakhir minggu ketiga bulan Juli.

Sedangkan di Jepang, waktu belajar disesuaikan dengan masing-masing sekolah. Namun, kebanyakan sekolah memulai jam pelajaran sejak pukul 08.00 waktu setempat, dan selesai pukul 15.00. Meski begitu, tak semua siswa langsung pulang ke rumah, biasanya mereka akan menghabiskan waktu dengan berolahraga atau aktivitas di sekolah lainnya.