Kelapa Gading > Laporan Utama

Warga Tanjung Priok Dapat Bantuan Rp 110 Ribu Per Bulan

Selasa, 18 Juli 2017 10:14 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Sumber : DBS

Ilustrasi penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai
Ilustrasi penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai
Foto : istimewa

Share this








Warga kurang mampu di Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara mendapatkan bantuan non tunai senilai Rp 100 ribu per bulan.

TANJUNG PRIOK – Kementerian Sosial membagikan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada S2.927, warga kurang mampu di wilayah Tanjung Priok, Jakarta Utara. Program kesejahteraan tersebut berlangsung selama tiga hari di Auditorium Gelanggang Remaja Jakarta Utara (GRJU).

Wakil Walikota Jakarta Utara, Junaedi yang memantau langsung penyaluran BNPT mengatakan, dari 2.927 warga yang mendapatkan bantuan baru 818 Keluarga, sedangkan sisanya akan memperoleh bantuan pada satu minggu ke depan.

Junaedi merinci, sebanyak 2.927 keluarga kurang mampu yang mendapat BPNT tersebesar di tujuh Kelurahan, yakni Kelurahan Tanjung Priok (508), Sunhai Bambu (310), Kebon Bawang (569), Warakas (404), Papanggo (386), Sunter Jaya (353) dan Sunter Agung (397).

“Setiap bulannya, warga akan menerima bantuan non tunai sebesar Rp 110 ribu untuk membeli kebutuhan pokok seperti beras dan gula pasir,” jelas Junaedi.

BNPT ini, kata Junaedi akan dapat membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Ditambah penggunaan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang memiliki multi fungsi, yaitu sebagai e-wallet yang dapat menyimpan data penyaluran bantuan oangan serta berfungsi sebagai kartu tabungan Bank BNI.

Dengan sistem ini, BPNT akan langsung disalurkan ke rekening Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam hal ini E-wallet dan hanya dapat digunakan untuk membeli barang sesuai program yang ditetapkan pemerintah dan hanya bisa dicairkan dalam bentuk komoditas pangan.

Pemberian kartu ini dilakukukan secara bertahap, warga di Kecamatan Tanjung Priok dan yang terdaftar sebagai KPM akan mendapatkan KKS.

“BPNT hanya dapat dicairkan menjadi beras bersubsidi 10 kg dan gula pasir 2 kg senilai Rp 110 ribu perorang. Bantuan tersebut tidak dapat dicairkan dalam bentuk uang. Setidaknya, bantuan ini dapat meringankan biaya pemenuhan kebutuhan pokok,” tutur Wakil Walikota Jakarta Utara.

Ditambahkan oleh Junaedi, di Jakarta Utara ini ada sebanyak 53.910 yang mendapatkan BNPT. Dari jumlah itu tersebesar di 6 kecamatan 31 kelurahan yang ada di Jakarta Utara.