Kelapa Gading > Laporan Utama

Warga Rawa Terate Cakung Bosan Nunggu E-KTP

Rabu, 15 November 2017 10:56 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : R Maulana Yusuf

 Contoh E-KTP
Contoh E-KTP
Foto : R Maulana Yusuf

Share this








Sejumlah warga Rawa Terate, Cakung, Jakarta Timur bosan nunggu E-KTP mereka yang tak kunjung jadi sejak setahun lalu hanya karena blanko kosong.

CAKUNG – Keberadaan Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) merisaukan sejumlah warga Kelurahan Rawa Terate, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Pasalnya, lebih dari satu tahun tidak ada kepastian kapan warga akan mendapatkan kartu e-KTP tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Agus, Warga RW 04 Kelurahan Rawa Terate yang sehari-hari bekerja sebagai montir. Ia bosan menunggu kartu e-KTP yang tak kunjung jadi.

"Sudah bosan mas nunggunya, gak jadi-jadi padahal udh setahun lalu perekamannya,"ungkapnya Rabu(15/11/2017).

Warga lainnya wisnu mengungkapkan hal yang sama. Ia mengaku sudah sejak November 2016 melakukan perekaman. Namun, Maret 2017 lalu sempat menanyakan ke Pelayanan Terpadu Satu Pintu(PTSP) Kelurahan Rawa Terate hanya mendapatkan jawaban blanko belum ada.

"Sudah males mas nanya ke kelurahannya pasti jawabannya belum ada blanko, nanti kalau sudah jadi akan diserahkan melalui ketua RT. Jadi ya mending tunggu saja dari RT,"katanya.

Pemerintah melalui Kemendagri telah menerapkan kebijakan program e-KTP berdasarkan UU No 23 Tahun 2006 dan Peraturan Presiden No 67 Tahun 2011 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden No 35 Tahun 2010 tentang Penerapan KTP berbasis Nomor Induk Kependudukan secara Nasional.

Kebijakan tersebut bertujuan untuk menciptakan administrasi yang tertib sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan dan untuk mencegah dampak negatif dari penggunaan KTP manual. Seperti mencegah dan menutup peluang adanya KTP ganda yang selama ini banyak disalah gunakan oleh masyarakat yang dapat menyebabkan kerugian bagi Negara terkait dengan tidak tertibnya administrasi.