Kelapa Gading > Laporan Utama

Warga Gerah dengan Kondisi TPS di RW 03 Utan Panjang Kemayoran

Senin, 17 Juli 2017 19:15 WIB
Editor : Ivan | Reporter : Amin Hayyu Al Bakki

Kondisi TPS di RW 03 Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat.
Kondisi TPS di RW 03 Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat.
Foto : Amin Hayyu Al Bakki

Share this








TPS di RW 03 Kelurahan Utan Panjang, Kecamatan Kemayoran, selalu penuh sehingga sampah berceceran ke jalan. Warga gerah dengan kondisi tersebut.

KEMAYORAN - Warga di RW 03 Kelurahan Utan Panjang, mengeluhkan kondisi tempat pembuangan sampah sementara (TPS) yang terletak di Jalan Utan Panjang 3, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat. Keluhan warga beralasan. Sebab, sampah di TPS tersebut selalu berserakan di jalan.

Salah seorang warga setempat, Abdul Adriansyah (41), mengatakan bahwa sampah-sampah di TPS itu memang selalu berserakan ke bahu jalan. Soalnya, kapasitas tempat penampungan sampah tak cukup luas untuk menampung sampah rumah tangga dari seluruh RW 03.

"Ya kalau udah sore gini, pasti sampah numpuk ke sini (TPS) semua dari seluruh RT di RW 03," ujar Adriansyah saat ditemui di lokasi, Senin (17/7/2017).

Sementara itu, menurut salah satu petugas TPS RW 03, Suryana (48), kondisi penampungan sampah di tempat tersebut memang tak cukup luas untuk menampung semua sampah di RW 03 Kelurahan Utan Panjang. Untuk menyiasatinya, pihak TPS pun sudah mengimbau warga untuk tidak membuang sampah sampai truk pengangkut tiba.

"Truk sampah datengnya sore. Kalau udah penuh, kita udah larang jangan nambah lagi buang sampah, biar gak berceceran ke jalan," sambungnya.

Namun, lanjut Suryana, hal itu tidak sepenuhnya berjalan lancar. Tingginya produksi sampah rumah tangga di RW 03 Kelurahan Utan Panjang, membuat kondisi TPS tersebut selalu kelebihan kapasitas.

"Harusnya dibuat dua shift angkut sampah, pagi dan sore. Jadi sampah gak banyak numpuk di sini," sarannya.