Kelapa Gading > Laporan Utama

Tugas Berat Panwascam Kelapa Gading

Rabu, 11 Januari 2017 17:27 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Muhammad Azzam

Panwascam Kelapa Gading
Panwascam Kelapa Gading
Foto : Muhammad Azzam

Share this





Tanggung jawab Panwascam tidak sedikit. Ini adalah tugas bangsa dan negara, harus dilakukan dengan sepenuh hati.

KELAPA GADING - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) memiliki kerja dan tanggung jawab yang cukup berat. Selain mengawasi pelanggaran di Pilkada DKI, Panwascam juga wajib membuat laporan terkait semua proses pilkada, seperti letak TPS, biodata anggota KPPS dan pengawas TPS.

Demikian dikatakan Panwascam Kelapa Gading Yossy Roseha saat ditemui di sekretariat di Gedung Judo, Kelapa Gading, Rabu (11/1/2017).

"Tugas panwascam tidak ringan karena harus melaksanakan tugas pengawasan sepanjang proses pemilihan. Tidak boleh ada tugas yang tidak terlaksana. Laporan saja harus diserahkan setiap satu kali dalam dalam satu pekan,"papar Yossy.

Belum lagi, tugas meningkatkan akurasi daftar pemilih, mengendalikan politik uang, dan menjaga kedaulatan pemilih. Serta, meningkatkan partisipasi pemilih, menjaga proses pemungutan dan penghitungan suara dan melaksanakan tugas penegakan hukum terkait tahapan pemilihan.

"Ini merupakan tugas cukup berat. Kita memiliki beban moral. Ini adalah tugas bangsa dan negara, sangat dibutuhkan kosistensi harus dijalankan dengan sebaik mungkin demi suksesnya Pilkada DKI 2017 ini," pungkasnya.