Kelapa Gading > Laporan Utama

Trotoar di Kawasan Senen ‘Dimakan’ Sepeda Motor

Senin, 17 Juli 2017 16:07 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Amin Hayyu Al Bakki

Pejalan kaki terlihat kesulitan melintas di Jalan Stasiun Senen seberang Atrium Senen karena harus terhalang parkir liar sepeda motor
Pejalan kaki terlihat kesulitan melintas di Jalan Stasiun Senen seberang Atrium Senen karena harus terhalang parkir liar sepeda motor
Foto : Amin Hayyu Al Bakki

Share this








Keberadaan trotoar di kawasan Senen, Jakarta Pusat bukan sebagai sarana pejalan kaki tetapi malah menjadi tempat parkir sepeda motor.

SENEN – Penertiban yang kerap terjadi untuk membersihkan trotoar dari parkir liar rupanya membuahkan hasil. keberadaan parkir liar di kawasan Pasar Senen, Jakarta Pusat kembali menunjukkan taringnya, sehingga memakan hak para pejalan kaki untuk berjalan di atas trotoar.

Zaki Firmansyah (32) salah seorang pekerja swasta yang hampir setiap hari pulang-pergi ke Stasiun Senen, Jakarta Pusat, mengaku kesulitan saat harus berjalan melalui Jalan Stasiun Senen yang mengarah ke Jalan Letjend Suprapto. Hal itu, katanya, seluruh badan trotoar yang tertutup oleh parkir liar sepeda motor.

"Sebagai pejalan kaki, kita ngerasa sulit untuk jalan di sini. Semua trotoarnya udah dipakai buat parkir," ujar Zaki kepada infonitas.com di Senen, Jakarta Pusat, Senin (17/7/2017).

Sementara itu, pantauan infonitas.com di lokasi, keberadaan parkir liar di trotoar maupun bahu jalan mulai terlihat penuh di depan Atrium Senen. Pemandangan serupa terus terlihat sampai ke Jalan Letjend Suprapto tepatnya di depan bekas bangunan Pasar Senen.

Tak ayal, parkir liar di trotoar dan bahu jalan ini selalu menimbulkan kemacetan lalu lintas di Jalan Stasiun Senen dan Jalan Letjend Suprapto. Kemacetan pun diperparah dengan masih terdapatnya sejumlah pedagang kaki lima yang menjajakan lapak dagangannya di bahu jalan.

Salah seorang pengendara sepeda motor,  Hilman (39) menyampaikan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta serta dinas terkait harus tegas mengurusi parkir liar di kawasan Pasar Senen tersebut. Karena menurutnya, parkir liar di wilayah tersebut sudah menjamur.

"Jadi walaupun sering dirazia, nyatanya mereka ada lagi dan lagi," sambungnya.

Menurut, Hilman, lebih baik trotoar di sekitar kawasan Pasar Senen lebih baik diberi pagar pembatas atau separator sehingga kendaraan roda dua tidak bisa naik ke badan trotoar.

"Kalau gak bisa naik ya sudah pasti gak bisa parkir itu mereka. Intinya pemerintah harus tegas dan berani," ucapnya.

Untuk diketahui, keberadaan parkir liar telah melanggar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

Baca juga : Begini Ancaman Bagi PKL Bandel di Cempaka Putih