Kelapa Gading > Laporan Utama

Siswa SMAN 1 Tarakan Kaltara Jadi Juara Di Kelapa Gading

Kamis, 12 Oktober 2017 19:47 WIB
Editor : Fauzi | Reporter : Adi Wijaya

Pemenang Lomba Pelajar Pelopor Keselamatan
Penyerahan piala kepada juara Lomba Pelajar Pelopor Keselamatan.
Foto : Adi Wijaya

Share this








Dalam lomba yang digelar di Grand Whiz Kelapa Gading, Amirullah siswa SMAN 1 Tarakan mampu mengalahkan pesaing-pesaingnya dari seluruh Indonesia.

KELAPAGADING – Pelajar Kelas 11 SMAN 1 Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara) Amirullah Achmad Nassardhi (16), memenangi lomba Pelajar Pelopor Keselamatan yang diselenggarakan oleh Ditjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, Kamis (12/10) di Hotel Grand Whiz Kelapa Gading.

Keberhasilan Amirullah ini tidak lepas dari keberhasilannya menciptakan aplikasi untuk keselamatan berlalu lintas. Ia mengatakan, inovasi yang dilakukannya dilatarbelakangi ketidakdisiplinan para pengendara yang kerap kebut-kebutan hingga menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

"Aplikasi ini saya berinama Ion Spot," kata Amirullah saat ditemui di Hotel Grand Whiz, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (12/10/2017).

Dijelaskannya, aplikasi yang dibuatnya menyajikan koordinat pengguna secara real time. Informasi lengkap mengenai peraturan berlalulintas, titik rawan kecelakaan, hingga batas kecepatan maksimal tiap ruas jalan pun terdapat pada aplikasi itu. "Pembuatan aplikasi ini memakan waktu selama dua bulan saja," bangganya. 

Kedepan, diterangkannya aplikasi tersebut akan didaftarkan pada layanan aplikasi Play Store agar dapat diunduh pengguna smartphone berbasis Android. Dalam aplikasi ini, pengguna juga dapat melaporkan apabila terjadi kecelakaan lalu lintas. 

"Saya berharap dengan adanya aplikasi ini, masyarakat lebih peduli terhadap lalu lintas. Sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan," tutup siswa SMAN1 Tarakan ini terkait keberhasilannya menjadi juara di Kelapa Gading.