Kelapa Gading > Laporan Utama

RPTRA di Cilincing Jadi Indikator KLA Jakarta Utara

Jumat, 19 Mei 2017 16:47 WIB
Editor : Ivan | Sumber : DBS

RPTRA Intiland Teduh, Semper barat, Cilincing, Jakarta Utara.
RPTRA Intiland Teduh, Semper barat, Cilincing, Jakarta Utara.
Foto : istimewa

Share this








RPTRA Intiland Teduh di Cilincing jadi salah satu indikator penilaian Jakarta Utara sebagai Kota Layak Anak oleh Kementerian PPPA.

CILINCING - Tim penilai Kota Layak Anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, meninjau sejumlah lokasi yang masuk dalam indikator KLA di wilayah Jakarta Utara. Salah satu lokasi tersebut adalah Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Intiland Teduh di Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing.

"Salah satu bentuk dukungan dalam menjamin tumbuh kembang anak yakni dengan didirikannya KLA sehingga anak akan mendapatkan pendidikan dan perlakuan yang baik. Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara akan terus berupaya mewujudkan Jakut sebagai KLA," jelas Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Utara Wawan Budi Rohman, saat ditanya terkait kedatangan tim penilai tersebut.

Hadirnya RPTRA ditengah pemukiman masyarakat, lanjut Wawan, merupakan upaya untuk menuju KLA. Sebab dengan hal tersebut, anak-anak diberikan ruang untuk bermain, belajar, dan berinteraksi sosial.

"Jakut sendiri sudah memiliki 42 RPTRA. Rencananya, tahun ini akan bertambah lagi 20 lokasi baru RPTRA," imbuhnya.

Sedangkan pengertian KLA, adalah mengintegrasikan komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program, dan kegiatan untuk pemenuhan hak-hak anak.

Baca Juga : Bersegel PBB, Harga Sewa Rumah Ini Rp 50 Juta Per Bulan

Sementara terkait kunjungan tim penilai, selain ke RPTRA Intiland Teduh, mereka juga berkunjung ke SDN Semper Barat 13, Puskesmas Kelurahan Semper Barat I, RPTRA Rawa Badak Selatan (Rasela), SDN RBU 01, Polres Metro Jakut, RPTRA Sungai Bambu dan Yayasan Kumala. Wilayah Kecamatan Penjaringan dan Kantor Walikota Jakut juga masuk dalam agenda kunjungan.