Kelapa Gading > Laporan Utama

Perbaiki Data Pemilih, KPU Jakut Buka Help Desk Tiap Kelurahan

Selasa, 13 Februari 2018 18:37 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : R Maulana Yusuf

Ketua KPU Kota Jakarta Utara Abdul Muin
Ketua KPU Kota Jakarta Utara Abdul Muin
Foto : R Maulana Yusuf

Share this








KPU Jakut akan membuka Help Desk di tiap kelurahan guna memperbaiki data pemilih

TANJUNG PRIOK - Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jakarta Utara berencana meluncurkan terobosan baru dengan memodifikasi sistem perbaikan data.

Hal tersebut diungkapkan Ketua KPU Kota Jakarta Utara Abdul Muin. Menurutnya, pihaknya ingin memperbaiki data pemilih sehingga menjadi valid dengan bersinergi bersama dukcapil dalam penyempurnaan data pemilih.

"Kalau di Jakarta untuk sempurna itu tidak mungkin, tetapi bagaimana mendekati sempurna dengan upaya kita. Tentunya terhadap coklit supaya tidak ada yang tidak tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) nanti maka kita akan melakukan modifikasi dalam coklit," ungkapnya saat berbincang  dengan Infonitas.com, Selasa (13/2/2018).

Untuk itu, pihaknya akan membuat help desk di setiap kelurahan terhadap pemilih sehingga akan menerima aduan, masukan dan lain sebagainya.

"Bisa dikembangkan lagi jika PPK dan PPS sudah resmi, kita akan memodifikasi kembali. Juga membuka help desk sebanyak mungkin di kantor RW kalau perlu," tambahnya.

Muin juga akan  menghimbau kepada RW dan RT untuk pro aktif dalam membantu petugas coklit karena yang mengetahui masyarakat di wilayah adalah pengurus setempat.

"Selain itu akan melakukan singkronisasi data atau melakukan PPS kajian bersama dengan RT RW bahwa pemilih yang di situ siapa saja. Petugas akan mengkoordinasikan terkait itu,” jelasnya.