Kamis, 14 Desember 2017 10:28:00
Editor : Arif Muhamad Rian | Reporter : Muhammad Azzam
Wali Kota Jakarta Utara, Husein Murad
Wali Kota Jakarta Utara, Husein Murad saat memantau pembangunan RPU Cilincing
Foto : Muhammad Azzam
 

CILINCING - Pembangunan rumah potong unggas (RPU) di lahan seluas 4.557 m2 yang berada di kawasan Rorotan, Kecamatan Cilincing sudah mencapai 95 persen. Direncanakan, pembangunan yang dimulai sejak 24 Agustus itu akan rampung pada 21 Desember 2017.

Saat memantau pengerjaan proyek RPU Rorotan. Wali Kota Jakarta Utara, Husein Murad mengatakan, pedagang unggas yang sebelumnya berdagang di pasar bebek akan ditampung di RPU Rorotan.

"Kalau sudah disini tidak boleh lagi jualan di pinggir jalan. Konsumen akan senang untuk datang dan membeli unggas di tempat yang bersih," ungkapnya, Kamis (14/12/2017).

Husein melanjutkan, hadirnya RPU Rorotan akan semakin melengkapi fasilitas di wilayah Kecamatan Cilincing. "Bebek bisa menjadi ciri khas Cilincing. Akan banyak pengunjung yang datang untuk kesini untuk membeli bebek hidup ataupun aneka olahan daging bebek," jelas Husein didampingi Camat Cilincing, Purnomo dan Lurah Rorotan, Yuyun Wahyudi.

Sementara itu, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta, Sri Hartati menjelaskan, kapasitas pemotongan unggas di RPU Rorotan mencapai 50 ribu. Sedangkan proses pemotongannya ada yang bersifat manual dan semi otomatis

"Jumlah pelaku usaha yang akan berjualan di RPU Rorotan ada 47 pedagang. Di sini dilengkapi fasilitas galeri yang akan menampung unggas hidup, food court, musholla, kantor pengelola RPU, toilet umum dan lain-lain. Kalau acara peresmiannya direncanakan pada bulan Januari atau Februari 2018," terang Sri Hartati.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda