Kelapa Gading > Laporan Utama

Pasca Longsor, Turap Penghubung di Kelapa Gading Diperbaiki

Jumat, 11 Mei 2018 16:33 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Adi Wijaya

Perbaikan turap saluran penghubung (Phb) di Jalan Kelapa Puan, Kelapa Gading
Perbaikan turap saluran penghubung (Phb) di Jalan Kelapa Puan, Kelapa Gading.
Foto : Adi Wijaya

Share this








Turap saluran penghubung di Kelapa Gading yang diperbaiki dengan dipasang cerucuk dolken penahan pondasi.

KELAPA GADING - Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara memperbaiki turap saluran penghubung (Phb) di Jalan Kelapa Puan, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Perbaikan dilakukan lantaran turap mengalami longsor beberapa bulan silam.

Kepala Satuan Pelaksana Suku Dinas Sumber Daya Air Kecamatan Kelapa Gading, Rukmana menerangkan, perbaikan turap dilakukan pada kedua sisi saluran Phb.

Saluran dipasang cerucuk dolken penahan pondasi. Serta batu kali sebagai pengganti turap yang kondisinya sudah tidak layak. 

"Untuk sisi utara (Loksem JU 40), yang dikerjakan ada sepanjang 122 meter. Sementara untuk sisi selatan lebih panjang yakni 170 meter. Kalau untuk ketinggian turap sama, ada 2,6 meter, terang Rukmana, saat ditemui di lokasi, Jumat (11/5/2018).

Diakuinya, tak sedikit kondisi turap telah habis dimakan usia. Kondisi sudah merapuh sehingga perlu peremajaan atau perbaikan.

"Hasil pantauan di lokasi juga ternyata banyak akar pohon dan utilitas yang merusak dinding turap. Jadi memang harus diperbaiki," ungkapnya.

Dijelaskannya, perbaikan turap Phb tersebut diperkirakan memakan waktu hingga beberapa pekan kedepan. Ditargetkan, perbaikan rampung sebelum hari raya I'dul Fitri atau Juni 2018.

"Proses perbaikan turap sudah dilakukan sejak tiga minggu lalu," tutupnya.