Kelapa Gading > Laporan Utama

Menelisik Perjuangan Pembersih Kali di Jakarta

Selasa, 14 November 2017 12:11 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : R Maulana Yusuf

Petugas UPK Badan Air
Petugas UPK Badan Air
Foto : R Maulana Yusuf

Share this








Kali ini, infonitas.com menelisik perjuangan pembersih Kali di Jakarta sangat luar biasa, berkat jasa mereka, saluran dan kali di Ibu Kota sudah berubah.

CAKUNG - Dinas Kebersihan DKI Jakarta melalui Unit Pengelola Kebersihan (UPK) Badan Air menjadikan Kali di Ibu Kota berubah wajah. Tumpukan sampah maupun bau tak sedap sudah jarang dijumpai di hampir semua kali dan saluran di Jakarta.

Sejumlah penyekat ditempatkan petugas di titik-titik aliran kali yang melintasi pemukiman warga agar sampah yang dibuang warga tidak  mengalir jauh ke hulu.  Melalui penyekat tersebut  sampah tertahan dan Pekerja Harian Lepas (PHL) langsung mengangkat dan mengumpulkan sampah tersebut sebelum dibuang ke tempat pembuangan akhir sampah.

Bersihnya  kali dan saluran air mendapat komentar positif dari warga, salah satunya Wisnu wargga Rawa Terate mengapresiasi dan berterima kasih pada para petugas PHL UPK Badan Air yang senantiasa menjaga kebersihan kali berbeda dengan beberapa tahun lalu.

"Bagus sekali kita patut berterima kasih sama petugas, sekarang kali jadi bersih tidak ada penumpukan sampah beda dengan beberapa tahun lalu,"ungkapnya saat ditemui di sekitar sekatan Kali Petukangan, selasa (14/11/2017)

Namun, ia menyayangkan banyaknya sampah yang diangkut petugas membuktikan bahwa masih ada  warga yang kurang sadar akan kebersihan lingkungan terutama kali atau saluran air.

"Masih banyak yang buang sampah, nanti giliran banjir saja salahin pemerintah, padahal kitanya yang masih buang sampah sembarang,"pungkasnya.