Kelapa Gading > Laporan Utama

Mau Lihat Kereta LRT? Sudah Ada di Dekat MKG

Minggu, 15 April 2018 13:20 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Wahyu

LRT
Sumber foto @lrtjkt
Foto : istimewa

Share this








Kereta LRT menggunakant hird rail system. Kapasitas setiap rangkaian mencapai 270-278.

KELAPA GADING – Seluruh rangkaian kereta Light Rail Transit (LRT) sudah menginjakkan rodanya di jalur simpan section 5A dekat stasiun Mal Kelapa Gading.

Kereta LRT berbeda dengan kereta lain, menggunakan third rail system. Tanpa kabel menjuntai di atas kereta. Aliran listrik tersalur melalui rel ketiga yang terhubung ke bagian bawah kereta.

Demikian diungkapkan Direktur Utama Jakarta Propertindo Satya Heragandhi beberapa waktu lalu. “Lebar relnya juga sudah menggunakan standard gauge. Kapasitas sebanyak 40 tempat duduk dan bisa mencapai 270-278 penumpang.”

Saat ini, baru dua gerbong kereta yang sudah tiba. Sebanyak 14 gerbong lainnya akan dikirim secara bertahap.

Kereta Jakarta koridor Kelapa Gading-Velodrome akan beroperasi pada Agustus 2018. Kereta akan melaju sepanjang 5,8 kilometer melewati Jalan Pegangsaan Dua, Jalan Raya Kelapa Nias, Jalan Boulevard Raya, Jalan Kayu Putih Raya, dan Jalan Balap Sepeda Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur.

Koridor akan memiliki 6 stasiun, yakni Stasiun depot di Jalan Pegangsaan Dua Kelapa Gading, stasiun Mal Kelapa Gading, stasiun Kelapa Gading Boulevard, stasiun Pulomas, Stasiun Pacuan Kuda hingga Stasiun Velodrome di arena balap sepeda Velodrome di Rawamangun, Jakarta Timur.