Jumat, 18 Mei 2018 12:51:00
Editor : Wahyu AH | Reporter : Yatti Febriningsih
Depo LRT Kelapa Gading
Proyek pembangunan Depo LRT Kelapa Gading
Foto : R Maulana Yusuf
 

JAKARTA - Dua gerbong kereta ringan Light Rail Transit (LRT) Jakarta sudah tiba di Jakarta sejak 14 April lalu. Namun, sampai saat ini, kereta masih berada di depan Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara. Sebab, area depo masih belum bisa berfungsi untuk meletakkan kereta hingga saat ini. 

“Semua keterlambatan kan kita geser ke depo. Jadi, kita enggak mau kereta datang dan kita taruh di depo, tapi depo masih belum terselesaikan,” ujar Direktur utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Satya Heragandhi di Balaikota, Jakarta, Jumat (18/5/2018). 

Meski belum berada di depo, Satya mengatakan sudah mulai dilakukan perangkaian kereta. Begitu juga kedua gerbong kereta, sudah mulai dilakukan pengujian static test. Hasil uji coba itu berlangsung bagus karena sudah dilakukan pengujian sebelumnya di tempat kereta dibuat, Korea Selatan. 

Dalam static test, Satya memastikan aman tidaknya elemen kereta saat dinyalakan. “Contohnya saat pintu dibuka. Apakah sudah aman atau tidak. Apakah akan menjepit penumpang. Kemudian, faktor saat berhenti juga menjadi fokus dalam static test. Jadi ini lebih kayak konfirmasi bahwa apa yang dilakukan pada saat di Korea itu, di sininya juga bisa bagus juga,” tegasnya. 

Setelah itu, akan dilakukan dynamic test. Pengujian ini akan melihak sejumlah spek mesin kereta secara rinci. Sekaligus memastikan apakah horse power kereta aman saat dijalankan. Apakah bisa mengangkut penumpang sesuai target dan lainnya. “Kita lagi tunggu dynamic test. Mudah-mudahan minggu depan sudah bisa dilakukan,” imbuhnya. 

Selanjutnya, Satya masih belum bisa memastikan kapan uji coba dengan mengangkut penumpang dilakukan. Sebab, sebelumnya kereta harus sudah lulus serangkaian tes dan mendapatkan sertifikasi dalam hal keamanan terlebih dulu. 

“Ini semua udah di rel (uji coba), sudah siaplah posisinya. Nah, tinggal dijalankan. Dijalankan ini kita nunggu go ahed-nya dari Kemenhub.  Kira-kira Minggu depan atau paling lambat pekan depanlah kita pengennya,” imbuhnya. 

Untuk diketahui, pengerjaan proyek LRT ini secara keseluruhan sudah menyentuh angka 70.44 persen. Proyek sepanjang 5.8 KM itu ditergetkan untuk bisa beroperasi saat perhelatan Asian Games pada Agustus 2018 mendatang. 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda