Kelapa Gading > Laporan Utama

Keanehan Sekatan Penghalau Sampah di Kali Petukangan

Selasa, 14 November 2017 14:56 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : R Maulana Yusuf

Penampakan sekatan di Kali Petukangan
Penampakan sekatan di Kali Petukangan
Foto : R Maulana Yusuf

Share this








Sekatan penghalau sampah yang terpasang di Kali Petukangan, Cakung, Jakarta Timur ada keanehan. Bila biasanya berupa pelampung, tapi di sini hanya bambu.

CAKUNG - Ada yang berbeda dengan sekatan di kali petukangan depan kantor Kelurahan Rawa Terate, Cakung, Jakarta Timur. Biasanya penyekat berupa pelampung-pelampung berbahan plastik berwarna oranye, tetapi di sini hanya menggunakan bambu dan kayu yang terpasang melintang.

Penyekat tersebut, berfungsi untuk menghalau sampah agar tidak ke hulu. Sidik, salah satu Petugas Harian Lepas (PHL) Unit Pengelola Kebersihan (UPK) Badan Air Kecamatan Cakung menjelaskan,  sengaja sekatan hanya berupa bambu yang melintang. Sebab, jika penggunaan pelampung ditakutkan akan dilepas atau dinaiki anak-anak kecil untuk bermain.

"Ada mas hanya tidak dipasang takut dilepas atau dibuat main anak-anak kecil, main dikali kan berbahaya karena banyak pecahan beling atau bisa gatal-gatal,"jelasnya, Selasa (14/11/2017).

Untuk diketahui, petugas dari Unit Pelaksana Kebersihan (UPK) Badan Air Kecamatan Cakung, Jakarta Timur,  Tiap pagi sekira pukul 08.00-15.00 WIB, mereka rutin membersihkan Kali Petukangan yang berada di depan kantor kelurahan Rawa Terate hingga Kober Cantang.