Kelapa Gading > Laporan Utama

Hindari Kekerasan, Tiap RPTRA Akan Ada Posko Perlindungan Anak

Minggu, 14 Mei 2017 12:45 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Muhammad Azzam

Ilustrasi area bermain anak-anak di RPTRA
Ilustrasi area bermain anak-anak di RPTRA
Foto : istimewa

Share this








Kekerasan pada anak semakin merajalela belakangan ini, untuk menghindarinya di setiap RPTRA akan ada posko perlindungan bagi anak dan pengendalian penduduk

CILINCING – Ke depan, Tiap Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) dilengkapi dengan posko pengaduan anak. Program milik Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DPPAPP) DKI Jakarta menargetkan posko pengaduan anak dibangun untuk memberikan pendampingan, konseling, serta perlindungan kepada anak yang menjadi korban kekerasan.

Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta Dien Emawati mengatakan, terdapat sekitar 1.700 kasus angka kekerasan yang dialami perempuan dan anak pada tahun lalu.

"Kita sangat prihatin, sebab angka kekerasan pada anak cenderung meningkat," ujar Dien, di RPTRA Rusun Marunda, Sabtu (13/5/2017).

Dijelaskannya, pengelola RPTRA akan mendapat pembekalan atau diedukasi terlebih dulu. Sehingga, apabila ada laporan maupun kasus, pengelola mampu memberikan pendampingan kepada anak-anak.

"Pengelola perlu diedukasi agar bisa menjadi konselor. Kita akan bekerjasama dengan perguruan tinggi dan psikolog," jelasnya.

Ia menambahkan, dengan adanya posko pengaduan anak ini diharapkan para orang tua, bahkan anak yang menjadi korban semakin berani untuk melapor.

"Keberanian untuk melapor sangat penting agar bisa ada penanganan tepat dan cepat," ucapnya.

Baca juga : Dalam Waktu Dekat Kampung Akuarium Bakal Ditata