Kelapa Gading > Laporan Utama

Hari Penglihatan Sedunia, IAPB Tekankan Masalah Kesehatan Mata

Kamis, 12 Oktober 2017 20:28 WIB
Editor : Fauzi | Reporter : R Maulana Yusuf

dr.Christine Yuliana, Sp.M
dr. Christine Yuliana, Sp.M
Foto : istimewa

Share this








Hari Penglihatan Sedunia kali ini mengajak seluruh manusia untuk lebih memperhatikan masalah kesehatan mata, sekecil apapun.

TANJUNGPRIOK – Hari Penglihatan Sedunia (World Sight Day) diperingati setiap tahun pada Hari Kamis, minggu kedua di bulan Oktober.Tahun ini peringatan Hari Penglihatan Sedunia jatuh pada tanggal 12 Oktober 2017. Peringatan Hari Penglihatan Sedunia dimulai sejak tahun 1998 oleh Lions Club International yang kemudian diintegrasi menjadi VISION 2020 di bawah koordinasi World Health Organization (WHO) dan  International Agency for the Prevention of Blindness (IAPB). 

"Hari Penglihatan Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap kebutaan dan gangguan penglihatan sebagai masalah kesehatan masyarakat global," jelas dr.Christine Yuliana, SpM, Spesialis Mata Rumah Sakit Royal Progress melalui siaran tertulis kepada infonitas.com Kamis(12/10/2017).

Pada tahun ini, IAPB mengambil tema ‘Make Vision Count’ dan tema nasional ‘Mata Sehat, Investasi Bangsa’ untuk menyebarluaskan informasi kepada seluruh masyarkat di dunia, agar memberikan perhatian dan mendukung penanggulangan masalah gangguan penglihatan dan kebutaan demi terwujudnya Visi 2020, yakni hak setiap orang untuk dapat melihat. "Gangguan penglihatan atau gangguan kesehatan mata sekecil apa pun sebaiknya jangan diabaikan, segera periksakan mata apabila dirasakan ada gangguan penglihatan atau gangguan kesehatan mata ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat. Ini menjadi," tutup perempuan yang juga menjadi anggota Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia.