Kelapa Gading > Laporan Utama

Ekonomi Jakarta Lesu, Jumlah Warga Pendatang di Pegangsaan Dua Menurun

Kamis, 13 Juli 2017 12:21 WIB
Editor : Ivan | Reporter : Muhammad Azzam

Ilustrasi pendatang
Ilustrasi pendatang
Foto :

Share this








Kondisi ekonomi di Jakarta yang dinilai lesu, berpengaruh pada jumlah pendatang baru di RW 02 kelurahan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

KELAPA GADING - Berdasarkan pendataan warga, jumlah pendatang di RW 02 Kelurahan Pegangsaan Dua, Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara, mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya. Hal itu diungkapkan Warya, Wakil Ketua RW 02 Pegangsaan Dua.

"Tahun ini, warga pendatang sepertinya mengalami penurunan untuk warga pendatang baru," ungkapnya kepada Infonitas.com, Kamis (13/7/2017).

Ia merinci, hingga saat ini, warga pendatang baru pada 6 RT di wilayah RW 02 Pegangsaan Dua ada 25 orang. Jumlah ini menurun sekitar 50 persen. Sebab pasca-arus balik lebaran tahun lalu, warga pendatang baru di wilayahnya mencapai 50 orang.

Warya memprediksi, penurunan warga pendatang baru di wilayahnya dikarenakan ekonomi yang sedang lesu di Jakarta. Hal ini membuat calon pendatang baru berpikir berkali-kali untuk merantau dan mencari kerja atau berdagang di Ibu Kota.

"Kalau saya melihat, ini kan ekonomi sedang susah di Jakarta. Seperti dagang saja sepi, begitu juga cari kerja. Jadi mungkin, mereka (calon pendatang baru) yang diajak ke Jakarta oleh sanak-saudaranya yang sedang mudik, jadi ragu untuk ikut. Mereka takut tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya, keinginannya, serta tidak tercapai tujuannya datang ke Jakarta,” tandas Warya.