Kelapa Gading > Laporan Utama

Menanti Upah Layak 2018

Buruh SPSI Bergerak dari Pulo Gadung ke Balai Kota

Jumat, 10 November 2017 09:46 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : R Maulana Yusuf

Buruh SPSI berkumpul di kawasan Industri Pulo Gadung
Buruh SPSI berkumpul di kawasan Industri Pulo Gadung.
Foto : R Maulana Yusuf

Share this








Sebelum ke Balai Kota, buruh SPSI terlebih dahulu berkumpul di Jalan Yos Sudarso. Kemudian, bergegas ke Masjid Istiqlal dan lanjut ke Balai Kota DKI.

PULO GADUNG - Ratusan buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) berkumpul di bundaran kawasan Industri Pulo Gadung. Rencananya, mereka akan bergabung dengan buruh dari elemen lain menuju ke Balai Kota DKI Jakarta dan Istana Merdeka.

Arif, perwakilan LEM SPSI mengatakan, setelah dari kawasan industri, para buruh akan berkumpul terlebih dahulu di Jalan Yos Sudarso setelah itu menuju Masjid Istiqlal untuk melaksanakan Solat Jumat dan akan long march menuju Balai Kota.

"Setiap perusahaan diwakili minimal 10 orang, berkumpul dibundaran kawasan terlebih dahulu," katanya saat ditemui infonitas.com, Jumat (10/11/2017).

Pantauan infonitas.com sejak pukul 08.00 WIB  para buruh mulai berdatangan dengan menggunakan sepeda motor, nampak kepolisian dari Polsek cakung dibantu, TNI, satpol pp dan petugas keamanan kawasan berjaga-jaga di sekitar bundaran tersebut.

Lalu, mereka berkumpul di dekat pintu exit tol Kelapa Gading, Jalan Yos Sudarso. Ada ratusan buruh yang berpartisipasi. Mayoritas mengenakan seragam SPSI berwarna hitam kombinasi merah.

"Estimasi dari LEM SPSI Cakung sekitar 500 orang dengan menggunakan sepeda motor," ujarnya.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan bersama wakilnya, Sandiaga Salahudin Uno mengumumkan besaran UMP DKI Jakarta 2018 pada 1 November 2017 dengan angka Rp 3.648.035, para buruh menuntut revisi UMP tersebut.