Kelapa Gading > Laporan Utama

Anies Siapkan Konsep Penataan Kawasan Utara Jakarta

Kamis, 07 Desember 2017 15:11 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Sumber : DBS

Cilincing
Kondisi perairan pesisir utara Jakarta di kawasan Cilincing, Jakarta Utara.
Foto : Muhammad Azzam

Share this








Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah siapkan konsep penataan kawasan Utara Jakarta, dengan membentuk tim yang menangani hal tersebut.

JAKARTA – Sosial ekonomi, geopolitik hingga lingkungan hidup menjadi faktor penataan kawasan Utara Jakarta bagi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Untuk itu, ia  akan merancang konsep penataan kawasan sebelum merevisi Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta.

Konsep penataan kawasan utara Jakarta itu harus mencakup kebutuhan Ibu Kota di masa depan.

"Kami akan menata kawasan utara Jakarta. Proses penataan itu mengharuskan kami untuk membuat sebuah assessment atas kebutuhan Jakarta hari ini dan masa depan," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta dikutip dari kompas.com pada Kamis (7/12/2017).

Mantan Menteri Pendidikan itu, menjelaskan konsep penataan kawasan tersebut menginginkan agar  warga Jakarta merasa tinggal di wilayah pesisir. Untuk itu,ia akan membentuk tim yang nantinya merancang penataan kawasan utara Ibu Kota. Rencananya, tim itu akan mulai bekerja pada awal 2018.

"Karena itulah kami memutuskan untuk tidak membahas dulu sekarang sampai kami matangkan dari tim itu," tambahnya.

Pemprov DKI Jakarta tidak memasukkan Raperda tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta ke dalam program legislasi daerah (prolegda) yang akan dibahas bersama DPRD DKI pada 2018. Kepala Biro Hukum DKI Jakarta Yayan Yuhanah mengatakan, Anies ingin mengkaji ulang raperda yang berkaitan dengan reklamasi pulau di Teluk Jakarta tersebut.

"Kami tarik untuk sementara. Kami tarik dulu untuk di-review Pak Gubernur," ujar Yayan, Senin lalu.