Kelapa Gading > Laporan Utama

Ada Penyalur Dibalik Keberadaan WNA Bodong di Kelapa Gading

Kamis, 11 Januari 2018 11:25 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Chandra Purnama

Salah seorang WNA bodong yang diamankan petugas Imigrasi
Salah seorang WNA bodong yang diamankan petugas Imigrasi
Foto : Chandra Purnama

Share this








Kepala Divisi Keimigrasian DKI Jakarta Agus Widjaja menduga ada oknum penyalur dibalik keberadaan WNA Bodong di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

KELAPA GADING - Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara terus mengembangkan temuan 42 Warga Negara Asing (WNA) bodong di Hotel Gading Indah, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Diduga, kedatangan mereka didukung oleh oknum sponsor atau penyalur.

Kepala Divisi Keimigrasian DKI Jakarta Agus Widjaja menugaskan, petugas Imigrasi Kelas I Jakarta Utara untuk melacak keberadaan sponsor tersebut. Seperti halnya tangkapan sebelumnya, WNA bodong itu didukung oknum sponsor hingga dapat bersembunyi di hotel.

"Kami juga akan cari sponsor baik itu individu atau korporasi yang menyediakan mereka tempat tinggal," tegasnya, Kamis (11/1/2018).

Seorang WNA yang ditangkap, Chris Ihouma (48) mengakui, ada sponsor yang membawanya dari negara asalnya, Nigeria. Dia berdalih, habisnya batas izin tinggal paspornya pada Agustus 2017 silam akan diurus oleh sponsor. Tapi kenyataannya tidak sama sekali.

"Saya seorang pebisnis. Rencananya mau mencari suplayer pakaian bayi untuk di ekspor ke Nigeria," dalihnya.

Sementara itu, Kasie Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Utara Bayu Dewabrata menceritakan, petugas sempat kewalahan saat melakukan penggerebekan di hotel Gading Indah. Beberapa WNA melakukan perlawanan, bahkan ada petugas hingga mengalami luka ringan.

"Saat itu mereka ada yang berada dalam kamar, kolam renang. Mereka sempat hendak kabur dan mengumpat di semak-semak pekarangan hotel," tutupnya.