Kelapa Gading > Laporan Utama

5 Tips Merawat Hewan Peliharaan di Rumah

Jumat, 30 Juni 2017 14:00 WIB
Editor : | Sumber : DBS

Ilustrasi hewan peliharaan
Ilustrasi hewan peliharaan
Foto : istimewa

Share this








Diperlukan trik khusus dalam merawat dan membesarkan hewan peliharaan. Hal tersebut menjadi kesenangan tersendiri bagi pemiliknya.

Info Utama - Rumah akan terasa lebih ramai dengan hadirnya ‘anggota’ keluarga baru. Banyak orang yang memelihara hewan seperti anjing, kucing, hamster, burung, ikan, kura-kura sampai reptil. Sah-sah saja untuk memelihara hewan-hewan tersebut. Asalkan jinak dan tidak membahayakan anggota keluarga inti Anda. 

Anda memerlukan trik-trik khusus dalam merawat dan membesarkan hewan peliharaan. Hal tersebut niscaya menjadi kesenangan tersendiri bagi pemiliknya. Di bawah ini ada beberapa tips memelihara hewan di rumah yang patut Anda coba: 

  1. Beri makan dan minum secukupnya. Jika hewan peliharaan Anda adalah kucing atau anjing, beri makan tiga kali sehari dengan makanan yang tepat. Air minum secukupnya juga dapat membantu merawat dan memeliharanya dengan baik. Bila perlu, Anda bisa membeli makanan khusus yang dijual di toko-toko perlengkapan hewan peliharaan (petshop). 
  2. Bersihkan kandangnya secara berkala. Burung atau ikan yang Anda pelihara tentu membutuhkan kebersihan ekstra untuk tempat tinggalnya. Jangan lupa untuk menguras akuarium atau menyiram kandang burung minimal satu kali dalam sepekan untuk membuang sisa kotoran dan bekas makanannya. 
  3. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan hewan peliharaan. Mandikan anjing atau kuncing Anda secara teratur, gunakan sampo khusus yang dapat membersihkannya agar terbebas dari kuman, kotoran ataupun kutu. Hewan lain seperti unggas atau reptil juga sebaiknya Anda bersihkan secara berkala atau jika sudah terasa kotor dan bau. 
  4. Salah satu hal yang cukup menjengkelkan ketika memelihara hewan di rumah adalah membersihkan kotorannya. Jika hewan Anda bisa diedukasi dengan baik seperti anjing atau kucing, mereka dapat diajari untuk membuang kotoran di toilet khusus atau kamar mandi. Namun, jika dipelihara di tempat khusus seperti kandang atau akuarium, bersihkanlah secara rutin untuk sekaligus membersihkan tempat tinggalnya. 
  5. Lakukan perawatan khusus. Beri multivitamin untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan Anda, seperti burung agar siulannya lebih indah atau sterilisasi pada anjing agar ia tidak dapat hamil maupun menghamili. Selain itu jangan lupa untuk membeli obat khusus hewan seandainya ia terjangkit virus atau penyakit.