Kelapa Gading > Kuliner

Ingin Anak Cerdas? Berikan Sarapan Ini!

Jumat, 30 Juni 2017 11:00 WIB
Editor : Raymondo Arditya | Sumber : DBS

ilustrasi anak cerdas
ilustrasi
Foto : istimewa

Share this








Nasi goreng dan roti berisi selai adalah sarapan untuk anak-anak yang umum di Indonesia. Namun, sarapan tersebut tidak berlaku di Belanda

JAKARTA – Berbeda dengan negara lain, anak-anak di Indonesia umumnya diberikan sarapan nasi goreng dan roti tawar berisi selai. Di Belanda, ada menu sarapan anak-anak yang membuat mereka menjadi cerdas.

'Hagelslag' adalah menu sarapan untuk anak-anak yang umum di Belanda. Hagelslag adalah roti tawar beroles mentega atau margarin dan ditaburi chocolate sprinkle yang lebih dikenal dengan nama meses.

Karena warisan pemerintah kolonial, anak-anak Indonesia dari golongan menengah juga kenal roti isi cokelat ini. Jadi, sarapan ini juga tak asing bagi anak-anak Indonesia.

Tetapi apakah memberi cokelat yang manis di pagi hari baik buat anak-anak? Menurut informasi dari detik.com seperti lansirannya dari treehugger, Rabu (21/6/2017), menu tersebut justru memiliki hasil yang positif untuk anak-anak di Belanda.

Hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan Oxfam pada tahun 2014. Belanda menduduki tempat teratas dari daftar konsumsi makanan yang bernutrisi, cukup jumlahnya dan sehat, di antara 125 negara lainnya. Swiss dan Prancis menduduki posisi kedua, sementara Amerika menduduki posisi 21.

Uniknya, anak-anak di Belanda tidak mengalami masalah obesitas meskipun mereka makan makanan manis, berlemak dan makan roti tawar putih setiap pagi saat sarapan.

Menurut Rina Mae Acosta dan Michele Hutchison, ibu sekaligus penulis buku 'The Happiest Kids in the World: How Dutch Parents Help Themselves (and Their Kids) by Doing Less', rahasianya ada pada lingkup keluarga. 85 persen anak-anak di Belanda sarapan sebelum sekolah, dan biasanya bersama keluarga.

Sarapan mengurangi keingan jajan makanan tak sehat di siang hari dan mengurangi risiko obesitas pada anak. Selain itu ngobrol dengan keluarga di pagi hari membuat mereka lebih bahagia dan sehat.

Meskipun makan roti tawar putih dan cokelat dianggap kurang sehat tetapi suasana keluarga yang nyaman membuat mereka lebih bahagia.