Minggu, 25 Juni 2017 18:00:00
Editor : | Reporter : R Maulana Yusuf
LVRI Jakarta Utara, Apresiasi Lengkah Pemerintah Peduli Veteran
LVRI Jakarta Utara
Foto : istimewa
 

Info Komunitas - Para veteran yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Jakarta Utara tampak bahagia menghadiri acara bertajuk ‘Untuk Veteranku yang Tak Terlupakan. Indonesia Ada Karena Mereka’. Acara ini berlangsung di Jalan Tabah, Komplek TNI AL, Jakarta Utara. 

Momen tersebut dimanfaatkan para veteran untuk mengenang perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Beragam acara digelar untuk memeriahkan acara tersebut. Seperti games, bernyanyi, dan membaca puisi. 
Marzuki Umar, Ketua Legiun Veteran Indonesia Jakarta Utara mengatakan, LVRI Jakarta Utara merupakan wadah bagi para veteran. Anak cabang LVRI Pusat ini terbentuk sejak 10 Agustus 1949. 

“Jumlah Veteran di Jakarta Utara tercatat 500 personil. Namun, masih banyak yang belum tercatat, karena kesulitan mencari tempat tinggal. Apalagi di usia kami ini belum akrab menggunakan alat komunikasi. Hanya beberapa yang punya alat komunikasi,” jelas Marzuki. 

Perkumpulan yang bersekretariat di Kodim Jakarta Utara ini memiliki agenda rutin. Seperti, pertemuan rutin keluarga veteran, mengurus veteran yang belum mendapatkan haknya, hingga melaporkan apa yang terjadi dan dikerjakan kepada LVRI Pusat. 

Menurut Marzuki, dirinya bersama rekan-rekan veteran mengapresiasi langkah pemerintah yang mulai peduli terhadap nasib para veteran. Tertuang dalam Undang-Undang No. 15/2012 dan Kepres tentang AD/ART Legiun Veteran. 

“Sudah ada peningkatan, saat ini veteran sudah mendapat tunjangan dan dana kehormatan. Walaupun nilainya kecil, namun ini bentuk penghargaan negara terhadap kami. Semoga ke depannya akan lebih baik. Seperti menyediakan tempat tinggal yang layak untuk veteran,” tutupnya.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda