Selasa, 06 Februari 2018 14:17:00
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : R Maulana Yusuf
ICCC, Terbentuk dari Rasa Sepenanggungan Menderita Kanker
Stand ICCC di peringatan Hari Kanker Sedunia - World Cancer Day
Foto : R Maulana Yusuf
 

KELAPA GADING - Indonesia Cancer Care Community (ICCC), komunitas yang didirikan oleh pasien kanker, Keluarga pasien, survivor, dan para pemerhati kanker butuh wadah edukasi. Sederet kegiatan dijalankan oleh komunitas yang berdiri pada 27 Februari 2010 lalu.

Indah Suryaningsih, pengurus harian ICCC menceritakan awal mula komunitas ini terbentuk. Saat itu pasien-pasien yang menunggu untuk menjalani kemoterapi, saling berbagi cerita tentang penyakit yang mereka derita. Dari situ, Indah berpikir untuk mewadahi mereka dengan cara melakukan edukasi melalui seminar mendatangkan narasumber.

“Mereka saling ngobrol, sharing dan ada satu dari relawan kita yang berfikir kenapa tidak diwadahi untuk mereka diedukasi dengan mendatangkan narasumber,"ungkap Indah Suryaningsih, pengurus harian ICCC saat berbincang dengan infonitas.com akhir pekan lalu.

Komunitas yang telah memiliki ratusan anggota yang tersebar di seluruh Indonesia ini memiliki kegiatan rutin seperti seminar kesehatan terkait kanker, kunjungan pasien kanker ke poli-poli kanker di beberapa rumah sakit, dan outing yang dilakukan setiap tahun sekali. "Dalam beberapa kegiatannya, ICCC disupport oleh Kalbe Ethical Customer Care (KECC)  yang berperan sebagai fasilitator, khususnya dalam penyelenggaraan seminar kanker,"jelasnya.

Selain kalbe, lanjutnya, ICCC juga di suport beberapa sponsor seperti laboratorium dan alat kesehatan. Hanya dengan membayar uang pendaftaran Rp 50 ribu dan mengisi biodata sudah bisa menjadi anggota ICCC. " Anggota akan mendapatkan kaos serta kartu yang benefit nya kita telah bekerjasama dengan rekanan yang nantinya member mau menggunakan kartunya misalnya membeli alat kesehatan akan mendapatkan diskon khusus, atau memeriksa di laboratorium prodia jika ada promo nanti bisa digunakan, yang tertulis nama dikartu itu yang bisa menggunakan tidak bisa dipindah tangankan,"tandasnya.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda