Kamis, 04 Oktober 2018 17:55:00
Editor : Fauzi | Reporter : R Maulana Yusuf
Yoga Buat Nenek Mei Tetap Bugar Meski Lanjut Usia
Anggota Komunitas Yoga Gading Pandawa tengah berlatih Yoga.
Foto : R Maulana Yusuf
 

KELAPAGADING – Semakin tua atau bertambah umur, tubuh kita akan kehilangan kelenturan, otot menjadi kaku, gerakan tubuh menjadi terbatas dan kita lebih rentan terkena sakit pinggang dan punggung bahkan keseleo sekalipun. Namun hal tersebut bisa diatasi atau bahkan dicegah sejak dini dengan melakukan olahraga atau senam Yoga. Ya, Yoga diyakini sangat bermanfaat bagi orang lanjut usia

Hal tersebut yang dilakukan Mei, salah satu anggota Komunitas Yoga Gading Pandawa. Ia menuturkan, sebelum mengikuti Yoga ia merasakan sakit pinggang dan dan lutut. Namun setelah rutin melaksanakan Yoga, sakitnya berangsur-angsur pulih. "Dulu pinggang sakit, lutut, sini sakit, sakit semua. Syukur setelah ikut (Yoga), lumayan sakitnya agak hilang,"ungkapnya.

Mei mengaku, berkat rutin melakukan yoga di usianya yang saat ini menginjak 74 tahun, membuatnya lebih segar saat melakukan aktivitas berbeda dengan orang seusianya yang hanya bisa duduk saja. " Di sini diajarkan yang bisa kita lakukan di rumah. Saya rutin lakukan di rumah agar fleksibel, kan walaupun sudah tua tidak mau kaku,"ucapnya seraya tertawa.

Yang menarik di komunitas Yoga Gading Pandawa, lanjutnya, saat dirinya merasakan keluhan sakit semisal punggung atau lainnya, pelatih akan memberikan gerakan Yoga yang dapat menangani masalah atau keluhannya. "Kalau merasa sakit langsung bilang ke pelatih nanti diberitahu gerakan dan terus kita lakukan dirumah, kalau tidak ya percuma," pungkasnya.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda