Jumat, 09 November 2018 09:31:00
Editor : Wahyu AH | Reporter : R Maulana Yusuf
Survivor Kanker Ini Pilih Treatment Lewat Yoga
Ilustrasi - Pita pink melambangkan peduli terhadap Kanker Payudara.
Foto : istimewa
 

KELAPA GADING - Salah satu olahraga yang menyehatkan tubuh dan sangat populer di dunia bahkan Indonesia saat ini ialah yoga. Banyak orang yang menyukai dan menjadikan yoga sebagai aktifitas rutin setiap harinya. Olahraga ini pula yang dilakukan oleh Mia Deliyanthi, survivor kanker untuk terapi pengobatan kanker yang ia derita.

Menurutnya, para penderita kanker diwajibkan untuk mengkonsumsi obat yang diberikan dokter setiap hari untuk mengurangi kadar estrogen yang merupakan bahan bakar tumor untuk kembali kambuh. Saat mengonsumsi obat kanker tersebut, Mia mengaku darahnya mengental sehingga ia harus meminum obat pengencer darah.  

Akhirnya wanita kelahiran Jakarta 37 tahun lalu ini memilih yoga untuk membantu mengencerkan darah ketimbang harus meminum obat-obatan. "Sejak yoga, saya tidak lagi meminum obat pengencer darah karena tidak merasakan pusing atau gelap," ungkapnya.

Terapi yoga yang dilakukan berawal dari ketidaksengajaan, awalnya dokter yang menyuruhnya menurunkan berat badan sehingga kembali ideal pasca pengobatan yang ia jalani akhirnya ia mencoba olahraga yoga. "Awalnya yoga coba-coba saja, tapi ternyata hasilnya positif sehingga diterusin sampai sekarang, dari 2017 mulai yoga," ceritanya.

Hingga kini, Mia rutin melakukan gerakan-gerakan yoga di rumahnya setiap pagi selama satu jam. "Dalam Yoga juga ada meditasi yang bisa menenangkan pikiran sehingga rasa khawatir terhadap penyakit kanker yang membuat stres menjadi turun, kita menjadi lebih tenang," tandasnya.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda