Kelapa Gading > Kesehatan

Lima Cara Menghilangkan Karang Gigi

Kamis, 14 September 2017 16:55 WIB
Editor : Utami Sulistiowaty | Sumber : DBS

Pembersihan karang gigi
Ilustrasi - Pembersihan karang gigi
Foto : istimewa

Share this








Menggosok gigi secara teratur membantu menghilangkan penumpukan karang gigi. Jika tidak dibersihkan akan mengganggu kesehatan gigi

KELAPA GADING - Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa dokter menyarankan agar Anda menggosok gigi tiga  kali dalam sehari. Selain untuk menjaga kesehatan mulut, menggosok gigi secara teratur mampu membantu Anda untuk menghilangkan penumpukan plak atau karang gigi. Sebab, gigi ini bersifat lengket dan terdapat bakteri di dalamnya. Jika tidak dibersihkan akan mengganggu kesehatan gigi. Salah satunya adalah gigi berlubang dan bau mulut. Berikut lima cara menghilangkan karang gigi

Gosok Gigi dengan Tepat

Meskipun Anda sering menyikat gigi setiap hari, namun apakah Anda melakukannya dengan benar? Menyikat gigi secara tepat mampu membantu Anda untuk menghilangkan karang gigi yang menempel. Gosokkan sikat gigi dengan cara melingkar, bukan dengan cara menyikat ke kanan dan ke kiri seperti biasa.

Flossing

Flossing bukan hanya bermanfaat untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang terjebak di antara gigi. Namun, flossing juga bermanfaat untuk membersihkan gigi Anda secara menyeluruh, sehingga bakteri penyebab karang gigi akan hilang.

Gunakan Pasta Gigi Khusus

Ada beberapa jenis pasta gigi yang bermanfaat untuk menghilangkan karang gigi. Cobalah untuk mencari pasta gigi yang mengandung fluorid atau tartar control di dalamnya, yang mampu menyingkirkan karang gigi.

Gunakan Baking Soda

Baking soda adalah bahan alami yang efektif untuk menyingkirkan karang gigi. Tuang beberapa sendok baking soda dan celupkan sikat gigi Anda yang basah ke dalam baking soda tersebut. Lalu, gosokkan seperti biasa di atas gigi Anda.

Baca Juga : Tips Cantik Bagi Perempuan Berkacamata

Makan Apel dan Melon

Mengonsumsi makanan sehat dapat bermanfaat untuk menghilangkan karang gigi. Salah satunya melon dan apel. Serat alami dan kandungan vitamin di dalamnya dapat memicu produksi air liur berlebih yang akan menghilangkan karang gigi yang menempel.

Baca Juga : Ketika Insomnia Menyerang, Apakah Diperlukan Dumolid?