Kelapa Gading > Kesehatan

Lelah Saat Bangun Pagi? Cek Penyebabnya di Sini

Selasa, 16 Mei 2017 21:00 WIB
Editor : Ivan | Sumber : DBS

Ilustrasi - Lelah dan tak bersemangan saat bangun tidur
Ilustrasi - Lelah dan tak bersemangan saat bangun tidur
Foto : istimewa

Share this








Tidak sedikit orang yang justru merasa lelah sehingga tidak bersemangat saat bangun tidur di pagi hari.

KELAPA GADING – Pagi hari seharusnya disambut dengan semangat. Sebab, rasa lelah sehari sebelumnya telah terbayar oleh istirahat berupa tidur malam.

Tapi pada kenyataannya, ada orang yang justru merasa lelah saat bangun pagi. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, mungkin beberapa faktor yang dikutip dari Okezone.com berikut ini yang membuat Anda merasakan hal tersebut.

Salah posisi tidur

Jika Anda tidur dalam posisi yang salah dapat menyebabkan tubuh lelah di pagi hari. Akibatnya, tubuh sakit dan tidur terganggu.

Waktu tidur kurang

Jika begadang tadi malam, Anda pasti bangun kesiangan dengan rasa lelah. Padahal dalam semalam, setiap orang dianjurkan tidur 8 jam. Akhirnya, kalau kurang tidur metabolisme dan emosional Anda pun terganggu.

Mendengkur

Mendengkur adalah gangguan tidur yang juga memengaruhi kualitas tidur. Akibatnya, bangun di pagi hari terasa capek dan badan sakit. Hal ini ternyata dipengaruhi oleh kurangnya pasokan oksigen yang masuk ke tubuh Anda.

Kegemukan

Tidak diragukan lagi, kegemukan merupakan salah satu penyebab utama seseorang sering merasa lelah bangun pagi. Ini dipengaruhi oleh keseimbangan hormon yang membuat kondisi tubuh memburuk. Akhirnya, saat bangun pagi tubuh terasa tidak segar dan semangat menurun.

Cemas

Bila pikiran terasa cemas semua pekerjaan atau bahkan kualitas tidur terganggu. Akibatnya, tidur Anda tidak nyenyak dan bangun pagi pun terasa berat.

Nah, jika ketika telah mengetahui alasannya, segeralah ubah kebiasaan atau pola hidup sehingga pagi hari Anda bisa kembali terisi dengan semangat.