Minggu, 06 Agustus 2017 16:45:00
Editor : Ivan | Sumber : DBS
Kembali Rutin Berolahraga? Mulailah dari Latihan Dasar Fitnes
Ilustrasi - Push up
Foto : istimewa
 

KELAPA GADING – Kesibukan sehari-hari telah membuat kita meninggalkan kebiasaan olahraga. Maka itu, demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, ada baiknya kita kembali berolahraga secara rutin.

Tapi perlu diingat, tubuh yang sudah lama tidak diajak olahraga tentu akan kaku. Tubuh juga bisa jadi belum siap dengan gerakan-gerakan tertentu. Jika begitu kondisinya, olahraga malah bisa menyebabkan keram otot saat tubuh kembali diajak bergerak.

Agar terhindar dari berbagai masalah dan tidak trauma saat rutin berolahraga lagi, ada baiknya kita melakukan penyesuaian. Langkah yang bisa Anda lakukan untuk menyesuaikan diri dengan aktivitas olahraga adalah dengan melakukan latihan dasar fitnes. Lalu, apa saja yang harus kita lakukan dan apa manfaat dari latihan ini? berikut penjabarannya seperti dikutip dari Vemale.com.

Ketahanan kardio

Latihan ini mengacu pada sebaik apa kinerja jantung dan paru-parumu memasok oksigen selama latihan fisik. Anda bisa mengujinya dengan senam, bersepeda, berenang atau berlari keliling rumah.

Ketahanan Otot

Dalam hal ini, otot diminta untuk menguji ketahanannya dalam menerima tempaan saat menghadapi tekanan dan latihan berulang. Anda bisa melatihnya dengan naik turun tangga, push-up atau plank.

Kekuatan otot

Otot dilatih untuk mengangkat beban, dan anda bisa menguji kemampuan otot dengan pull up, push up, atau dengan cara sederhana seperti membawa barang-barang belanjaan sampai rumah.

Fleksibilitas

Tubuh diajari untuk lebih bisa bergerak lentur sehingga peredaran darah lancar dan sendi tak kaku. Lakukan gerakan-gerakan yoga simpel di rumah atau senam.

Latihan pernafasan

Atur pernafasan itu penting, coba menarik nafas kemudian tahan, lalu hembuskan. Semakin lama kamu bisa menahan dan bisa mengeluarkan nafas dengan perlahan dan santai, semakin bagus tubuh dalam mengontrol pernafasan.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda