Kelapa Gading > Kesehatan

Jangan Diabaikan Ganguan Kesehatan Mata Sekecil Apapun

Jumat, 13 Oktober 2017 18:46 WIB
Editor : Muhammad Saiful Hadi | Reporter : R Maulana Yusuf

Ilustrasi Kesehatan Mata
Ilustrasi Kesehatan Mata
Foto :

Share this








Indonesia, beriklim tropis, mendapatkan pancaran sinar ultraviolet (UV) lebih banyak sehingga memengaruhi daya tangkap mata.

SUNTER AGUNG - Peringati Hari Penglihatan Sedunia yang  jatuh pada tanggal 12 Oktober 2017 kemarin dr. Christine Yuliana, SpM, Spesialis Mata Rumah Sakit Royal Progress melalui siaran tertulis kepada infonitas.com menjelaskan Kebanyakan yang mengalami katarak di Indonesia berusia minimal 45 tahun, sementara di luar negeri pada usia 60 tahun.

Dia menjelaskan penyebabnya karena negara Indonesia, yang notabene negara tropis, mendapatkan pancaran sinar ultraviolet (UV) lebih banyak sehingga memengaruhi daya tangkap mata. Selain itu, terkait global warming, lapisan ozon bumi pun menjadi tipis dan semakin memudahkan masuknya sinar UV secara langsung ke manusia.

"Adanya tren demografi saat ini yang menunjukkan adanya peningkatan 2 kali lipat jumlah penduduk berusia lanjut, karena meningkatnya angka harapan hidup dari 68 tahun menjadi 78 tahun, turut memberi pengaruh pada kesehatan mata katarak yang diperkirakan jumlahnya juga akan meningkat,"jelasnya.

Christine Menambahkan, penyakit-penyakit pada mata tidak hanya disebabkan oleh kurangnya kita menjaga kesehatan mata, melainkan dapat juga disebabkan oleh faktor keturunan misalnya glaukoma.

"Penting untuk diketahui sejarah penyakit mata dalam keluarga, sehingga dapat kita cegah,"tambahnya.

Dia melanjutkan, jika pada anak-anak penggunaan kacamata juga perlu menjadi perhatian, karena data WHO menyebutkan bahwa tahun 2006, 13 juta dari 153 penderita refraksi adalah anak-anak berusia 5-15 tahun.

"sebagai orangtua sebaiknya memperhatikan kebutuhan anak dimana nilai yang jelek bukan berarti anak tidak pintar, tapi bisa saja karena ada gangguan penglihatan, Gangguan penglihatan atau gangguan kesehatan mata sekecil apa pun sebaiknya jangan diabaikan, segera periksakan mata,"tutupnya.