Kelapa Gading > Kesehatan

Hindari 3 Hal Ini Agar Ginjal Tetap Sehat

Selasa, 20 Juni 2017 16:36 WIB
Editor : Wahyu AH | Sumber : DBS

ginjal
Ilustrasi
Foto : istimewa

Share this








Ginjal berfungsi menjaga keseimbangan tubuh, yaitu asam dan basa. Untuk menjaga agar ginjal tetap sehat, terapkan hal ini!

JAKARTA - Memiliki tubuh yang sehat adalah keinginan banyak orang. Untuk mencapainya, maka seseorang juga harus memiliki gaya hidup sehat. Gaya hidup yang sehat akan membuat organ-organ di tubuh Anda bekerja dengan baik, sehingga tidak mudah rusak.

Salah satu organ tubuh yang harus  diparhatikan kesehatannya adalah ginjal. Makanan dan minuman adalah faktor yang penting untuk menjaga agar ginjal tetap sehat.

Seperti yang kita ketahui, ginjal adalah salah satu organ yang berfungsi menjaga keseimbangan tubuh, yaitu asam dan basa. Ginjal juga merupakan organ yang membantu filtrasi zat-zat yang tidak berguna untuk tubuh, sekaligus merangsang pembentukan sel darah merah.

Kehilangan fungsi ginjal akan menyebabkan gangguan keseimbangan dan otomatis juga akan menghambat pekerjaan organ lainnya.

Berdasar itu, agar ginjal tetap sehat, ada tiga perilaku hidup yang harus  Anda hindari, yakni:

  1. Hindari Merokok

Tidak hanya baik untuk fungsi jantung dan paru-paru, menghindari merokok juga baik untuk menjaga fungsi ginjal. Zat nikotin yang terdapat dalam sebatang rokok ternyata juga merupakan zat yang tidak ramah terhadap ginjal.

Merokok dalam waktu lama, perlahan akan menurunkan fungsi ginjal, sehingga kemampuannya untuk melakukan filtrasi tidak akan sebaik orang yang tidak merokok.

  1. Hindari Alkohol

Alkohol adalah minuman yang sangat berbahaya untuk tubuh, terutama ginjal. Banyak penderita gagal ginjal ternyata memiliki gaya hidup yang buruk termasuk sering mengonsumsi alkohol. Para pecandu alkohol pada umumnya harus menikmati masa tuanya dengan menjadi seorang penderita gagal ginjal.

Alkohol disebut dapat meningkatkan peredaran dan tekanan darah dalam tubuh secara tidak seimbang atau bahkan berlebihan. Peredaran darah yang berlebihan ini akan membuat kerja ginjal menjadi rusak sehingga kelamaan ginjal akan mengalami disfungsi.

Baca Juga : 5 Mitos Terkait Rematik

  1. Kurangi Antibiotik

Mengkonsumsi antibiotik saat dibutuhkan atau saat terjadi infeksi memang sangat baik untuk tubuh. Namun, kenyataannya saat ini banyak orang yang dengan mudahnya mengonsumsi antibiotik tanpa sepengetahuan dokter, dengan alasan agar cepat sembuh. Padahal belum tentu antibiotik tersebut dibutuhkan.

Terlalu sering mengkonsumsi antibiotik tanpa indikasi penyakit yang jelas akan memperberat kerja ginjal sehingga ginjal akan mudah rusak. Agar ginjal tetap sehat, mulailah manjaga daya tahan tubuh dengan menghindari penyebab infeksi, sehingga tubuh tidak akan terlalu sering terpapar antibiotik.

Jika diperlukan, senantiasalah berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan mengonsumsi antibiotik.

Baca Juga : Mengenal Jenis-jenis Leukimia

Tiga hal di atas berperan agar ginjal tetap sehat, jika Anda bisa menghindarinya, tidak hanya fungsi ginjal saja yang akan sehat, melainkan juga fungsi organ tubuh lainnya.