Kelapa Gading > Kesehatan

Bubur Instan untuk Bayi Ternyata Punya Efek Samping

Selasa, 12 September 2017 10:43 WIB
Editor : Raymondo Arditya | Sumber : DBS

sarapan bayi
Ilustrasi
Foto : istimewa

Share this








Tidak sedikit ibu yang memberikan bubur instan kepada bayinya. Namun, bubur instan tidak dianjurkan sebagai pendamping ASI.

JAKARTA – Para ibu seringkali memberikan bubur instan pada bayinya karena praktis. Yang harus diketahui, memberikan bubur instan yang rutin setiap hari kepada bayi justru tidak dianjurkan oleh pakar gizi, karena memberi dampak buruk.

Selain itu, bubur instan sendiri tidak dianjurkan sebagai makanan pendamping ASI, yang diberikan secara rutin.

"Bubur instan itu enggak dianjurkan diberikan setiap hari. Kondisi ini akan membuat anak tidak terbiasa makan makanan dari olahan alami dan tidak menyukai rasa olahan makan dari sumber sayur dan buah," ujar spesialis gizi, Dr. dr. Yustina Ani Indriastuti M.Sc.,Sp.GK., seperti dilansir dari viva.co.id.

Menurut dr. Ani, pemberiannya secara rutin, juga membuat si kecil menjadi terbiasa dengan tekstur makanan yang halus. Sehingga, hal ini tidak memicunya untuk belajar mengunyah makanan.

"Kondisi ini juga memicu anak kebiasaan makan cepat saji dan bertekstur halus. Makanya, perlu dipertimbangkan pemberian bubur instan pada anak karena proses pembuatannya yang cenderung cepat saji juga," kata dia.

Baca Juga : Makanan Ini Bisa Buat Anda Cepat Tua

Untuk itu, jika memang sedang di rumah dan memiliki banyak waktu, Ani menuturkan agar para ibu membuat bubur yang terbuat dari bahan alami. Selain itu, pemakaian bubur instan pada bayi juga harus benar-benar dibatasi atau saat keadaan darurat saja.