Kelapa Gading > Kesehatan

Anak-Anak RW 10 Sunter Jaya Jadi Sasaran Imunisasi MR

Jumat, 06 Oktober 2017 20:54 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Sumber : DBS

Saat Wali Kota Jakarta Utara melihat salah satu pelajar yang disuntik imunisasi MR
Saat Wali Kota Jakarta Utara melihat salah satu pelajar yang disuntik imunisasi MR
Foto : Adi Wijaya

Share this








Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad pada hari ini melakukan sweeping imunisasi MR di pemukiman elite RW 10 Sunter Jaya, Tanjung Priok.

TANJUNG PRIOK – Imunisasi Measles Rubella (MR) masih gencar dilakukan oleh Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara. Kali ini, pemukiman elite di RW 010 Kelurahan Sunter Jaya, Kecamatan Tanjung Priok menjadi sasaran sweeping imunisasi MR.

Sedikitnya, puluhan anak-anak berusia 9 bulan hingga 15 tahun berhasil disuntik imunisasi MR oleh petugas Sudin Kesehatan Jakarta Utara. Dalam kegiatan ini, Wali Kota Jakarta Utara, Husein Murad, memimpin langsung swepping. Husein meminta warga yang memiliki anak segera memberikan imunisasi.

“Target pemberian imunisasi MR di wilayah Jakarta Utara ada sekitar 420 ribu orang. Namun, hingga saat ini baru mencapai 370 ribu atau 87% dari target yang ditentukan,”kata Husein seperti dikutip dari poskotanews.com pada Jumat (6/10/2017).

Belum terealisasinya target ini, kemungkinan besar permasalah komunikasi. Sebab dirinya menilai dilapangan bahwa masyarakat belum memahami secara benar manfaat dari imunisasi MR.

Untuk itu ia berharap, masyarakat Jakarta Utara dapat memahami mengenai betapa pentingnya memberikan imunisasi MR kepada anak-anaknya.

“Satu vaksin MR bisa mencegah dua penyakit sekaligus yaitu campak dan rubella. Makanya saya berharap bagi para orang tua memanfaatkan layanan kesehatan ini untuk memberikan perlindungan anak terhadap berbagai penyakit,” jelasnya.

Program imunisasi MR ini memang sejak bulan Agustus 2017, gencar mengadakan sosialisasi sekaligus pelaksanaan pemberian imunisasi MR di sekolah ataupun Posyandu. Bahkan saat ini swepping imunisasi ini sasarannya perumahan elite, apartemen, rusun, pasar, GOR dan sebagainya.

Ia juga minta kepada Sudin Kesehatan agar pertengahan Oktober ini, pemberian imunisasi MR harus sudah rampung. “Oleh karena itu, saya minta pihak puskesmas di wilayah untuk rutin melakukan sweeping imunisasi MR dengan menyisir ke sejumlah lokasi,” ungkapnya.