Kelapa Gading > Kesehatan

7 Gejala Pikun, dari Bingung hingga Mood Swing

Sabtu, 20 Mei 2017 11:30 WIB
Editor : Ivan | Sumber : DBS

Ilustrasi - Gejala Pikun
Ilustrasi - Gejala Pikun
Foto : istimewa

Share this








Jangan Abaikan 7 gejala pikun ini. Jika sudah mengalami salah satunya, segera ubah pola hidup dan lakukan pemeriksaan kesehatan.

KELAPA GADING – Pikun atau yang dalam dunia kedokteran disebut demensia, umum menyerang orang yang memasuki usia senja.

Gangguan mengingat akibat penurunan fungsi otak ini sebenarnya tak muncul begitu saja. Akan tetapi, jauh sebelum mengalami pikun, seseorang sudah bisa merasa gejala penyakit ini.

Maka jika ditangani lebih dini, pikun bisa dicegah bahkan di obati. Tapi, apa saja gejala pikun ini? berikut ulasannya seperti dikutip dari vemale.com.

 

Lupa mengingat jangka pendek

Orang dengan demensia umumnya mengingat kejadian-kejadian yang sudah lalu, namun tiba-tiba saja lupa apa yang baru saja dilakukan, misalnya 10 atau 30 menit yang lalu. Ini yang dimaksud kehilangan ingatan jangka pendek.

 

Kesulitan berkomunikasi

Beberapa orang mengalami kesulitan mengungkapkan kata-kata yang ada di pikirannya, atau tiba-tiba lupa apa yang mau dikatakan. Terkadang juga mulai kehilangan kosakata yang sebenarnya umum dan sering digunakan.

 

Perubahan mood dan perasaan

Salah satu yang ekstrem dan sering diabaikan adalah perubahan mood (mood swing) dan emosi yang drastis. Orang dengan demensia biasanya jadi mudah tersinggung, marah, sedih dan sebagainya. Terkadang mereka menjauh karena sakit hati dengan omongan yang sebenarnya biasa saja.

 

Bingung

Jika orang mulai bingung selama mengerjakan hal-hal mudah, tak bisa memahami isi cerita dongeng anak-anak yang mudah atau gagal paham saat berbicara dengan seseorang, bisa jadi ini tanda demensia.

 

Mengulang hal yang sudah dilakukan

Hal ini sering terjadi pada orang dengan demensia atau pikun. Mereka cenderung akan mengulangi apa yang baru saja mereka kerjakan. Sebab, mereka berpikir belum melakukannya. Terkadang mereka juga akan membicarakan hal sama berulang kali padahal mereka baru saja mengatakannya 5 menit yang lalu.

Baca Juga : Melayani Tanpa Diskriminasi, Pasukan Pelangi Dapat Apresiasi