Kelapa Gading > Kesehatan

3 Makanan yang Cocok untuk Penderita Anemia

Jumat, 19 Mei 2017 17:20 WIB
Editor : Ivan | Sumber : DBS

Ilustrasi - Jeruk cocok untuk penderita anemia
Ilustrasi - Jeruk cocok untuk penderita anemia
Foto : istimewa

Share this








Penderita anemia disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur untuk menambah darah. Tapi, tidak semua buah dan sayur memiliki manfaat tersebut.

KELAPA GADING – Saat seseorang mengalami penurunan jumlah sel darah merah, maka orang tersebut akan terlihat pucat, lemas, dan merasa pusing. Inilah yang disebut anemia.

Anemia dapat terjadi ketika seseorang kekurangan zat besi dari asupan harian maupun karena kondisi medis tertentu.  Makanya, orang yang mengalami hal ini umumnya disarankan dokter untuk mengonsumsi buah dan sayur yang bisa jadi penambah zat besi dalam tubuh.

Zat besi sendiri dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat hemoglobin (sel darah merah). Hemoglobin inilah yang kemudian bertanggung jawab untuk membawa oksigen yang sangat penting untuk otot dan ke seluruh jaringan tubuh.

Ada banyak jenis buah dan sayuran penambah darah yang kaya akan zat besi, serta nutrisi lainnya yang dapat membantu penyerapan zat besi. Mengutip Alodokter.com, buah dan sayur tersebut adalah:

Bayam

Dalam 225 gram bayam, terdapat 0,81 mg zat besi. Inilah kenapa bayam menjadi sumber zat besi yang sangat baik untuk Anda yang mengalami anemia. Tidak hanya kaya akan zat besi, bayam juga mengandung kalsium, serat, vitamin E, protein, dan vitamin A.

Kacang Kedelai

Terdapat lebih dari 4 mg zat besi yang terkandung dalam 200 gram kacang kedelai. Tidak sampai di situ, kacang kedelai juga kaya akan mangan, tembaga, serat, protein, asam amino, dan ragam vitamin lainnya.

Jeruk

Seseorang yang mengalami anemia juga memerlukan nutrisi lainnya untuk membantu penyerapan zat besi. Adapun nutrisi yang dibutuhkan adalah vitamin C. Jeruk yang mengandung cukup banyak vitamin C diyakini bagus untuk penderita anemia.

Baca Juga : 276 Lokasi Rawan PMKS Bakal Dijaga Ketat Selama Ramadan

Selain kacang, buah, dan sayuran penambah darah di atas, makanan lainnya yang dapat membantu Anda dalam menambah darah antara lain adalah aprikot, kismis, buah prem yang dikeringkan, kale keriting, kacang polong, anggur, brokoli, tomat, melon, kiwi, stroberi, dan tomat.