Kelapa Gading > Famili

Ini Dia 4 Hal yang Harus Diketahui Saat Akan Menikah!

Rabu, 03 Mei 2017 16:00 WIB
Editor : Raymondo Arditya | Sumber : liputan6.com

pasangan suami istri
Ilustrasi
Foto : istimewa

Share this








Menikah artinya menyatukan dua perbedaan. Salah satunya adalah keuangan. Menurut studi, 40-50 persen pasangan suami istri bercerai karena masalah keuangan

JAKARTA – Pernikahan adalah hal yang diidam-idamkan bagi sepasang kekasih yang sudah lama menjalin hubungan. Untuk itu, saat Anda sudah memutuskan untuk menikah, ada tentu ada beberapa hal yang harus didiskusikan. Salah satunya adalah keuangan.

Mengutip liputan6.com seperti lansirannya dari tunaiku.com, Rabu (3/5/2017) ada lima hal mengenai keuangan yang wajib didiskusikan dengan pasangan saat akan menikah:

1. Manajemen keuangan saat masih lajang 

Masing-masing individu wajib mengetahui pemasukan dan pengeluaran pasangan. Hal tersebut untuk mencegah pemborosan saat sudah berkeluarga. Menurut survei yang sudah dilakukan oleh Universitas Virginia, rata-rata pasangan yang baru menikah memiliki kecenderungan 40– 50 persen untuk cerai karena masalah uang.

2. Kebiasaan dan pola konsumsi dari orang tua masing-masing

Menikah adalah saat mengenali pribadi dan keluarga pasangan dengan lebih jauh. Dalam hal tersebut, terutama adalah orang tua. Umumnya, orang tua akan memengaruhi Anda dan pasangan dalam hal finansial.

3. Jumlah tanggungan

Walau salah satu pasangan memiliki penghasilan yang sangat baik, apakah dia memiliki tanggungan lain? Hal tersebut patut menjadi pertanyaan. Dengan demikian, sikap saling jujur adalah hal yang terbaik. Pasalnya, setelah menikah, tanggungan salah satu pasangan akan menjadi tanggungan bersama-sama.

4. Kelola keuangan dengan baik bersama pasangan

Untuk mengelola keuangan setelah menikah, Anda dapat membuat rekening bersama, memeriksa pengeluaan pribadi dan rumah tangga, mencatat untuk pengeluaran belanja bulanan, dan masih banyak lagi. Selamat mencoba!