Kebayoran > Wisata

Travelling Gunung Cikuray

Yuks “Pemanasan” ke Gunung Cikuray

Senin, 28 Agustus 2017 15:01 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Rachli Anugrah Rizky

Gunung Cikuray, Garut, Jawa Barat
Gunung Cikuray, Kabupaten Garut, Jawa Barat.
Foto : Rachli Anugrah Rizky

Share this








Trek Gunung Cikuray sering dipakai oleh para pendaki sebagai lokasi yang tepat untuk melakukan pemanasan sebelum mendaki gunung yang lebih tinggi.

GARUT - Gunung Cikuray memiliki ketinggian keempat di Jawa Barat setelah Gunung Ceremai (3.078 mdpl), Gunung Pangrango (3.019 mdpl), dan Gunung Gede (2.958 mdpl). Meski begitu, panorama keindahan alam dari puncak gunung yang berada di Kabupaten Garut ini tidak kalah dengan gunung lainnya. 

Dengan tinggi mencapai 2.820 mdpl, Cikuray dijadikan oleh banyak pendaki sebagai lokasi “pamanasan” pada pendaki gunung. “Biasanya sebagai lokasi yang tepat untuk melakukan ‘pemanasan’ trekking bagi mereka yang ingin menempuh pendakian ke gunung dengan ketinggian lebih,” kata Rachli Anugrah, reporter infonitas.com saat melakukan pendakian di Gunung Cikurai, awal Agustus 2017. 

Untuk menuju Gunung Cikuray terbilang mudah. Perjalanan dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Bagi yang menggunakan kendaraan umum, dapat menaiki bus dengan jurusan Garut dan turun di Terminal Guntur. Waktu perjalanan dari Jakarta bisa sekitar 6 jam.

Sesampainya di Terminal Guntur, para pendaki dapat memilih jalur mendaki yang diinginkan. Ada tiga pilihan jalur pendakian, yakni jalur Pos Pemancar (stasiun pemancar tv) di Dayeuhmanggung Kecamatan Cilawu, jalur Kiara Jenggot di Kecamatan Bayongbong, dan jalur dari Kecamatan Cikajang. Dari jalur pendakian yang tersedia, Pos Pemancar merupakan jalur favorit untuk memulai pendakian.

Untuk menuju Pos Pemancar dapat menggunakan jasa ojek atau angkutan kota 06 jurusan Cilawu. Bisa juga menyewa kendaraan sejenis mobil pick up jika datang berkelompok. Untuk menyewa, per orang dikenakan harga sekitar Rp 45 ribu yang nantinya akan diantarkan sampai Pos Pemancar.

Keadaan jalan menuju Pos Pemancar terbilang cukup nyaman karena melalui jalan raya. Namun jika masuk melalui Desa Babakan Loak, Desa Cisumur atau Desa Mekarsari, kondisi akan berubah karena jalan penuh dari bebatuan. Waktu yang ditempuh menuju Pos Pemancar ini berkisar 1 jam perjalanan.