Kebayoran > Wisata

Travelling Gunung Cikuray

Siapkan Bekal Air Menuju Puncak Cikuray

Selasa, 29 Agustus 2017 15:00 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Rachli Anugrah Rizky

Gunung Cikuray
Suasana keindahan panorama alam di puncak Gunung Cikuray.
Foto : Rachli Anugrah Rizky

Share this








Dalam menempuh perjalanan menuju puncak Gunung Cikuray, perbekalan para pendaki lebih diutamakan adalah air.


GARUT - Meskipun perjalanan cukup melelahkan karena jarangnya jalur landai atau jalur “bonus”, pendaki dapat menikmati suasana hutan yang alami dengan udara yang dingin. Dalam perjalanannya pun, pendaki masih bisa mendengar kicauan burung-burung liar.

Selama perjalanan menuju puncak Gunung Cikuray, pendaki harus mengutamakan perbekalan air. Para pendaki dapat memenuhi kebutuhan air dengan membeli air mineral saat dalam perjalanan menuju Pos Pemancar. Jika tidak sempat, pendaki juga mempersiapkan perbekalan air saat berada di Pos Pemancar atau di Pos 1.

Baca juga: Yuks “Pemanasan” ke Gunung Cikuray

Dibanding banyak perbekalan yang dibawa, reporter infonitas.com Rachli Anugrah menyarankan lebih diutamakan perbekalan air. Pasalnya dalam jalur pendakian, Gunung Cikuray tidak memiliiki sumber air. Selain itu, dengan jalur yang konsisten dengan tanjakan akan membuat para penghobi mendaki ini akan membutuhkan ekstra air untuk diminum.

Baca juga: Jarang “Bonus” di Jalur Pendakian Gunung Cikuray

Setidaknya, per orang dalam kelompok masing-masing membawa 3 sampai 4 botol besar air minum. Untuk makanan, pendaki cukup membawa seperlunya. Akan tetapi juga diutamakan makanan berenergi selain mie instan. Seperti halnya oatmeal, kentang, ataupun cereal bar.
Semua itu terbayar ketika berada di puncak Gunung Cikuray. Pendaki dapat menikmati keindahan matahari terbenam dan keesokan harinya bisa melihat matahari terbit dengan pemandangan awan yang terhampar luas. Ada yang menyebut, puncak Gunung Cikuray adalah ‘negeri di atas awan’.

Tak hanya itu, dari puncak Gunung Cikuray dapat menampilkan panorama kota dan pegunungan di wilayah Garut. Di sebelah barat hingga arah utara menampakkan jajaran Gunung Papandayan hingga Gunung Guntur.