Kebayoran > Wisata

Travelling Gunung Cikuray

Jarang “Bonus” di Jalur Pendakian Gunung Cikuray

Senin, 28 Agustus 2017 16:30 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Rachli Anugrah Rizky

Gunung Cikurai Garut
Para pendaki Gunung Cikuray Garut saat beristirahat menuju puncak.
Foto : Rachli Anugrah Rizky

Share this








Pos Pemancar pendaki dapat beristirahat terlebih dahulu sembari memeriksa kembali persiapan perbekalan dan kesiapan fisik.

GARUT - Pos Pemancar merupakan titik awal perjalanan menuju puncak Gunung Cikuray. Di pos ini, pendaki dapat beristirahat terlebih dahulu sembari memeriksa kembali persiapan perbekalan dan kesiapan fisik. Pasalnya saat memulai perjalanan, pendaki akan langsung disambut dengan jalur tanjakan.

Reporter Infonitas.com Rachli Anugrah menceritakan awal perjalanan langsung disambut tanjakan tajam. Namun, itu cukup sebanding dengan keindahan alam yang disuguhkan. Jalur ini terletak di antara perkebunan teh. Perjalanan dari Pos Pemancar menuju Pos 1 berkisar 15 menit.

Baca juga: Yuks “Pemanasan” ke Gunung Cikuray

Di Pos 1, pendaki dapat kembali beristirahat sebelum melanjutkan ke Pos 2 dan pos selanjutnya. Di sini, ada beberapa warung yang menyediakan kebutuhan makanan. Di pos ini juga para pendaki harus melakukan registrasi dengan membayar uang sekitar Rp 15 ribu per orang.

Dalam perjalanan, pendaki masih akan selalu ditantang dengan tanjakan cukup panjang hingga menuju puncak. Beberapa pendaki menyebut jalur pendakian Gunung Cikuray merupakan jalur pendakian ‘dengkul ketemu dada’.

Memasuki kawasan hutan, kondisi jalan berubah didominasi dengan akar-akaran. Di sini perlu kehati-hatian para pendaki dalam melangkah. Di beberapa titik, ada jalur yang dilalui dengan berpegangan pada akar-akaran.

Setidaknya ada 7 pos pendakian yang harus dilalui. Agar tidak kemalaman, pendakian baiknya dilakukan di waktu pagi atau sekitar pukul 7 pagi. Karena, perjalan menuju puncak Gunung Cikuray berkisar 6 sampai 9 jam jika perjalanan dilakukan dengan santai sembari menikmati keindahan hutan.

Sesampainya di Pos 7, pendaki dapat mendirikan sebuah tenda karena tak jauh dari Pos 7 terdapat tanah lapang. Jarak dari Pos 7 menuju puncak Gunung Cikuray tidak begitu jauh hanya sekitar 10 menit.