Kebayoran > Wisata

Hmm.. Ini Dia Soto Gading Langganan Jokowi

Minggu, 10 September 2017 18:30 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Sumber : Azhari Setiawan

Soto Gading
Soto Gading langganan Presiden Joko Widodo. (Foto: Vania Zora Adistya)
Foto : istimewa

Share this








Joko Widodo menjadi salah satu pelangan Soto Gading sejak Wali Kota Solo hingga menjadi Presiden Republik Indonesia.

KEBAYORAN - Kota Solo bisa menjadi destinasi wisata yang menarik. Bagi warga Jakarta, beragam pilihan obyek wisata bisa dituju. Wisata sejarah, wisatawan bisa mengunjungi Keraton Surakarta dan Museum Manusia Purba Sangiran. 

Keindahan alam ditawarkan Grojogan Sewu Tawangmangu dan Air Terjun Jumog yang paling dikenal di kota ini. Bagi penyuka belanja, wajib berkunjung ke Kampoeng Batik Kauman dan Pasar Klewer  yang tiga tahun lalu sempat terbakar. 

Namun, bagi sebagian wisatawan tentu belum banyak yang tahu, di kota yang pernah dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo ini, terkenal dengan wisata kuliner sotonya. Bahkan ada satu tempat kuliner soto yang menjadi langganan Jokowi. Namanya, Soto Gading yang ada di Jalan Brigjen Sudiarto No. 75, Kota Solo, Jawa Tengah.

Meski langganan orang nomor satu di negeri ini, rumah makan ini jauh dari kesan mewah. Entah apa rahasianya, sehingga tempat ini menjadi langganan presiden dan banyak pejabat. 

"Hampir semua Presiden pernah makan di sini, kecuali (Presiden) BJ Habibie. Pak Jokowi sudah menjadi langganan bahkan sebelum dia menjadi wali kota. Setelah jadi Presiden, Pak Jokowi sempat datang beberapa kali ke sini," papar Siswo Martono, pemilik Soto Gading.

Jangan kaget jika tahu harga per mangkoknya. Eits, bukan mahal, tapi membingungkan. Semangkuk Soto Ayam Gading harganya cuma Rp 10.000. Lauk pauk dan dan aneka gorengan hanya dihargai Rp 3.000 saja. Tidak percaya? Datang saja langsung ke Soto Gading yang buka mulai pukul 05.30 WIB - 15.30 WIB.