Senin, 30 Juli 2018 10:17:00
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Rachli Anugrah Rizky
Silly Fish Indonesia Sediakan Kebutuhan Ikan Lokal
Silly Fish Indonesia berupaya membantu kemaritiman Indonesia.
Foto : istimewa
 

KEBAYORAN - Sektor perikanan Indonesia memiliki potensi yang besar. Itu dapat dilihat dari tingginya permintaan ikan dari berbagai bidang, utamanya bidang kuliner. Guna memenuhi kondisi itu, Silly Fish Indonesia tergerak untuk menyediakan jasa penyedia ikan.

Pemilik Silly Fish Indonesia Rika Puspita mengatakan pihaknya juga turut membantu meningkatkan kemaritiman Indonesia. Pasalnya, sumber kelautan dari luar negeri sudah banyak masuk ke Indonesia. “Basic kita ekspor. Melihat market lokal ada potensi, jadi local to local. Turut membantu meningkatkan kemaritiman Indonesia,” ujarnya.

Jasa yang dikembangkan sejak tahun 2016 ini menyediakan berbagai kebutuhan sumber kelautan, seperti ikan, udang, dan lobster. Namun, untuk permintaan paling banyak adalah ikan dori. Permintaan itu biasa dikirim ke hotel, restoran, hingga katering.

Lulusan Fakultas Hukum Universitas Padjajaran ini menerangkan, penjualan dalam satu minggu mencapai sekitar 5 ton untuk lobster. Sedangkan ikan dori, bisa mencapai sekitar 50 ton dalam satu bulan.

Ketersediaan sumber kelautan tersebut didapat dari wilayah Sumatera, Jawa, dan Sulawesi yang merupakan hasil dari kerja sama dengan para nelayan dan masyarakat pemilik tambak (biasanya sepanjang jalur Sumatera).

Proses pengemasan hingga pendistribusian, diakui oleh wanita kelahiran Sumedang, Jawa Barat ini, dilakukan secara teliti dan diperhatikan dengan baik, termasuk penanganan jenis hasil laut secara terpisah. Hal ini untuk menjaga kualitas produk sampai ke tangan konsumen secara baik.

“Kita bekerja sama dengan para nelayan untuk ketersediaan permintaan hasil laut. Kita juga ada 14 jalur pendistribusian se-Jabodetabek,” katanya. Soal harga, pihaknya membanderolnya berkisar Rp 58 ribu per kilo untuk ritel.

Harga tersebut, lanjut wanita yang akrab disapa Kay, lebih murah dibandingkan dengan harga di supermarket yang bisa mencapai Rp 80 ribuan.

Tak hanya menyediakan hasil laut, Silly Fish Indonesia juga mensuplai kebutuhan daging sapi seperti sirloin, wagyu dan sebagainya. Hal itu seperti diterangkan oleh Ranan Syukri Ramadhan yang juga pemilik Silly Fish Indonesia.

Daging sapi didapat dari hasil kerja sama dengan tempat pemotongan lokal yang ada di wilayah Banten dan Surabaya. “Atau langsung ke importirnya,” katanya.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda