Kebayoran > Usaha

Pilkada, Trafik Penggunaan Internet Meningkat

Kamis, 20 April 2017 20:15 WIB
Editor : Waritsa Asri | Reporter : M Nashrudin Albaany

Ilustrasi Tower BTS
Ilustrasi Tower BTS
Foto : istimewa

Share this








Pemilihan Kepala Daerah yang telah berlangsung, mencatat terjadinya kenaikan trafik penggunaan internet hingga 10 persen dibanding hari biasa.

KEBAYORAN BARU - Meskipun di hari pemungutan suara pada Rabu (19/4/2017) kemarin, beberapa instansi pemerintah dan swasta banyak yang tutup. Namun, menurut data dari provider XL Axiata mencatat, terjadi kenaikan trafik penggunaan internet sekitar 10 persen dibanding hari-hari biasa. 

Vice President Jabodetabek Region XL Axiata, Bambang Parikesit mengatakan, peningkatan penggunaan internet ini terjadi pada akses ke media sosial (medsos), seperti Instragram, Facebook, Twitter, LINE dan Path. Selain itu, penggunaan pesan singkat WhatsApp disebutnya juga cukup tinggi. 

"Kenaikan akses paling tinggi ada pada layanan Instagram, yang mencapai 50 persen jika dibanding hari biasa di wilayah Jakarta. Sementara kenaikan tertinggi ada di wilayah Jakarta Pusat, yakni mencapai 155 persen," tulisnya dalam rilis yang diterima infonitas.com, Kamis (20/4/2017).

Baca juga : Wisata Malam Monas, Gunakan Kartu Ini

Menurut dia, intensitas penggunaan layanan data ini tidak terlepas dari semakin baiknya kualitas jaringan internet dari XL Axiata di wilayah Jakarta, dimana layanan 4G LTE sudah hampir merata di setiap sudut kota. Selain itu, di beberapa area bahkan sudah terlayani oleh 4.5G.

Bambang mengungkapkan, kenaikan penggunaan internet ini sudah diprediksi sebelumnya. Sehingga jaringan XL Axiata tidak mengalami kendala apapun dalam memberikan layanan telekomunikasi selama proses pemungutan suara. 

"Sebagai langkah antisipasi dan memastikan kualitas jaringan, kami secara khusus melakukan penguatan jaringan di Jakarta. Antisipasi yang dilakukan bersifat teknis," tutupnya.

 

Berita Terkait