Kebayoran > Usaha

Mengenal Berbagai Jenis Investasi Emas

Kamis, 11 Januari 2018 17:18 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Rachli Anugrah Rizky

Investasi emas
Ilustrasi investasi emas.
Foto : istimewa

Share this








Investasi emas punya banyak bentuk. Semuanya punya nilai plus minus dalam pengelolaannya sebagai bentuk investasi.

KEBAYORAN - Investasi bisa dilakukan dalam berbagai bentuk. Salah satunya adalah investasi emas. Tetapi, dalam investasi emas tidak selalu dalam bentuk emas perhiasan maupun emas batangan saja. Berikut jenis investasi emas seperti dikutip dari laman Swara Tunaiku.

1. Emas batangan
Salah satu yang populer adalah emas batangan buatan Antam yang dilengkapi dengan sertifikasi keaslian dan berat emas. Namun, untuk mendapatkan profit harus menunggu dalam waktu yang cukup lama.

2. Emas perhiasan
Selain dari segi profit, emas perhiasan juga punya nilai estetika. Namun, perlu diingat bahwa profit dari investasi ini bersifat jangka panjang.

3. Koin emas
Di Indonesia, koin emas banyak dikenal dengan koin emas dinar (PT Antam) dan Ongkos Naik Haji (ONH). Sebelum berinvestasi, pastikan Anda sudah paham akan pajak pertambahan nilai (PPN) saat beli emas.

4. Sertifikasi Emas
Khawatir merugi karena kehilangan emas, bisa beralih pada investasi sertifikasi emas. Selembar kertas akan menjadi bukti dari kepemilikan akan emas tersebut. Emas akan aman di tangan yang tepat dan tak perlu pusing untuk membayar deposit box.

5. Reksa Dana emas
Dengan Reksa Dana emas, Anda bisa mendapatkan profit dari transaksi saham perusahaan pertambangan emas maupun dari adanya perdagangan fisik emas.

6. Exchange trade fund emas
Selintas, investasi ini mirip dengan Reksa Dana emas. Tetapi ada perbedaan mendasar antara keduanya. Exchange trade fund emas ini sedikit lebih rumit karena proses transaksi berada di lantai bursa.

7. Emas kuno
Pada umumnya, emas kuno memiliki bentuk berupa koin. Karena memiliki nilai historis, investasi emas kuno pun makin dilirik. Satu lagi, cukup sulit memang saat harus mematok harga emas kuno.

8. Emas lokal
Tantangan terbesar untuk investasi ini adalah Anda harus pintar menawar. Pasalnya, tidak ada patokan harga yang jelas karena diproduksi oleh lokal.